Tingginya Biaya Logistik Pengaruhi Pertumbuhan E-Commerce

Pertumbuhan bisnis e-commerce di Indonesia salah satunya dipengaruhi oleh tingginya biaya logistik.

Di Indonesia biaya logistik masih sangat tinggi, dikarenakan banyak faktor. Salah satu faktornya yaitu karena negara kita adalah negara kepulauan.

Dikutip dari IndoTelko, Staf Khusus Menteri Kominfo Bidang PMO, Lies Sutjiati mengatakan “Biaya logistik e-commerce sangat tinggi. Besarnya biaya ini dikarenakan Indonesia masih negara kepulauan. Sehingga untuk menjangkau wilayah yang terpencil masih susah, inilah yang harus diperhatikan oleh Pemerintah,” beberapa waktu lalu.

Baca Juga : 7 Isu Penting yang Menghambat Berkembangnya Industri E-commerce

Lies mengatakan, pemerintah sudah melakukan beberapa strategi untuk menurunkan biaya logistik. “Pemerintah telah menerbitkan paket ekonomi yang bertujuan untuk mempercepat arus barang dan juga membangun infrastruktur di beberapa wilayah,”.

Menurut Lies, pemerintah telah melakukan strategi terkait hal ini diantaranya dengan mengundang para player agar biaya logistik bisa turun. “Pemerintah telah melakukan sejumlah inisiatif diantaranya Proyek Tol Laut, Sislognas dan Pos Logistik. Selain itu kita juga memiliki Paket Ekonomi yang bertujuan untuk mempercepat logistik dari desa ke kota,” jelasnya.

Pasar e-commerce di Indonesia masih sangat besar, sehingga Pemerintah mencoba segala cara untuk mendorong bisnis ecommerce berkembang. “Jika bisnis e-commerce kita maju, logistiknya juga pun ikut maju,” tegas Lies.

Video : 8COMMERCE Tips #2 “Yuk Bangun Toko Online Anda Sekarang”


Written by
Like Comment
0 Comments