Pesatnya Kenaikan Penjualan E-Commerce di Perkotaan

Perdagangan online berkembang secara pesat, terutama di kalangan generasi muda yang tinggal di area perkotaan. Sementara daya beli kelompok berpenghasilan rendah serta pekerja informal mengalami penurunan.

Namun, sangat disayangkan karena pangsa pasar toko offline mulai tergerus dengan peningkatan pesat yang terjadi pada situs penjualan online. Hal ini terlihat dari menurunnya transaksi bulaan toko offline dibandingkan penjualan melalui toko online.

Baca juga: Menguatnya Bisnis Ecommerce Sejalan dengan Pertumbuhan Bisnis Pergudangan 

516654892

Tren penjualan yang melesat ini terlihat pada penjualan Shopee, Tokopedia,dan Lazada. Tidak mengherankan jika bulan lalu Alibaba berani mengucurkan dana US$1,1 miliar atau Rp 14 triliun untuk Tokopedia. Sebelumnya, Alibaba telah menguasai mayoritas saham Lazada, semenara Tencent memiliki saham di Shopee. Hal tersebut menciptakan  pertarungan besar antara dua raksasa, Alibaba dan Tencent di pasar online Tanah Air.

Pada saat yang sama, kedua raksasa tersebut mengendalikan informasi, terutama pola transaksi konsumen serta penjualan melalui situs online, termasuk sistem pembayaran.

 

Written by
Like Comment
0 Comments