Perang E-Commerce di Negara Asia Tenggara

Negara-negara di wilayah Asia Tenggara dinilai menjadi medan peran untuk perdagangan berbasis internet, atau biasa dikenal dengan sebutan e-commerce. Hal ini diakibatkan oleh budaya finansial serta infrastruktur yang masih menjadi tantangan besar dalam proses perkembangan e-commerce. Tantangan tersebut dihadapi oleh JD.com Inc. di Indonesia.

Namun, tantangan tersebut tidak menghalangi niat JD untuk melebarkan sayapnya di Indonesia. Perusahaan e-commerce berbasis di Tiongkok tersebut mengaku yakin untuk mengatasi tantangan tersebut setelah melihat cakupan jaringan internet di Indonesia yang semakin luas.

Baca juga: Menguatnya Bisnis Ecommerce Sejalan dengan Pertumbuhan Bisnis Pergudangan

JD menilai perluasan jaringan tersebut membuka peluang meningkatnya aktivitas belanja online di pasar Indonesia. Hal ini mendukung JD untuk menetapkan Indonesia sebagai sasaran dan membangun pusat pengiriman di Tanah Air.

How-to-Keep-Your-E-Commerce-System-Funtioning-at-Optimum-Capacity

Hingga saat ini, JD sudah memiliki empat gudang di Indonesia dan berencana untuk membangun tiga fasilitas lain pada akhir tahun 2017. JD juga telah mendapatkan dukungan dari sekitar 400 pegawai dalam satu tahun terakhir sejak hadir di Indonesia.

Dalam lima tahun mendatang, JD berniat menghadirkan layanan baru berupa pengiriman makanan beku dan segar ke rumah konsumen dengan truk pendingin.
Keyakinan JD untuk memperluas jaringan di pasar Indonesia berkat potensi pertumbuhan yang disuguhkan Indonesia setelah JD.ID mengalami pertumbuhan volume pedagang yang pesat jika dibandingkan dengan 9 tahun lalu.

Baca juga: Ini Dia 4 Platform Terbaik Ecommerce Indonesia 

Potensi ini didukung pasar Indonesia yang dinilai besar dan pencapaian pengiriman yang sudah mencakup seluruh pulau Jawa, termasuk Sumatera hingga akhir tahun lalu. Potensi tersebut juga didukung oleh pertumbuhan penggunaan smartphone yang diprediksi mencapai 92 juta pada tahun 2019 mendatang.

Dalam kurun waktu satu tahun, JD mengungkapkan rencana untuk membangun gudang di seluruh kota besar di Indonesia. Hal tersebut bertujuan untuk mengurangi biaya operasional dan menjadi upaya dalam mengatasi tantangan untuk mengembangkan e-commerce di Tanah Air.

 

 

 

Written by
Like Comment
0 Comments