Memaksimalkan SEO untuk Perkembangan Bisnis Lokal

Bila bisnis Anda bersifat lokal, ada baiknya jangan dulu berpikir untuk menjangkau pasar global. Di mana para pelanggan Anda berdomisili di kota yang sama dengan Anda atau bahkan mungkin mereka adalah tetangga dekat Anda. Bagi para pebisnis lokal, menjangkau pasar global merupakan bentuk pemborosan. Oleh karena itu, Anda seharusnya berkonsentrasi kepada komunitas lokal. Anda bertanya bagaimana cara melakukannya? Sementara web adalah sesuatu yang bersifat global dan Google tidak mengklasifikasi situs berdasarkan lokasi. Berikut ini ada cara untuk memaksimalkan perkembangan bisnis lokal dengan strategi SEO.

Membuat metatag dengan mencantumkan lokasi Anda

Metatag sangat berpengaruh bagi SEO dan jangan sampai Anda lupa memasukkan lokasi bisnis Anda, bersama dengan keyword yang yang Anda prioritaskan dalam situs Anda. Tentu juga, Anda harus memasukkan lokasi Anda ke dalam keyword yang Anda gunakan dalam badan teks. Apabila tidak, maka akan terlihat aneh jika tidak ada lokasi di badan teks sebagai keyword namun muncul di dalam tag.

Cantumkan lokasi sebagai keyword

Misal jika Anda tinggal di Tangerang dan bisnis Anda menjual mobil bekas, kalimat yang paling penting bagi Anda adalah “mobil bekas Tangerang”. Kalimat tersebut yang menjadi prioritas bisnis Anda dan lokasi Anda serta akan mengarahkan masyarakat sekitar yang sedang mencari mobil bekas di Tangerang.

Menggunakan Google Maps dan Yahoo Local

Google Maps dan Yahoo Local merupakan tempat ideal, karena keduanya akan menyertakan Anda dalam daftar mereka untuk lokasi tertentu.

Baca Juga : Hindari SEO yang Salah Pada Toko Online Anda

Membuat backlink article yang mengandung lokasi Anda

Tidak seperti dalam bahasa Inggris, dalam bahasa Indonesia kita tidak akan menemui kesulitan dalam manjadikan backlink organik dengan nama lokasi sebagai teks dasar, karena beberapa keyword dengan nama lokasi terasa alami, misalnya, “mobil bekas Tangerang”. Keyword tadi juga bisa dimasukkan ke kolom komentar pada blog. Apabila blog tersebut dofollow, Anda tetap mendapatkan sebuah backlink dengan teks dasar yang dapat membantu SEO.

Mendaftar ke direktori lokal

local directory

Selain search engines lokal, cobalah keberuntungan Anda dengan direktori lokal juga. Anda mungkin berpikir bahwa tidak ada lagi orang yang mau membaca daftar direktori, namun tidak demikian adanya. Contohnya bisa kita lihat dari “Buku Kuning” atau yang biasa kita kenal dengan Yellow Pages, adalah tempat pertama yang kita tuju jika mencari local vendor untuk produk tertentu.

Beriklan dengan target lokal

Salah satu cara efisien untuk mengendalikan target, traffic lokal ke situs Anda adalah hasil bantuan beriklan dengan target lokal. Iklan PPC dan iklan baris merupakan dua opsi terbaik, setidaknya bagi kebanyakan para webmasters.

Jelajahi media sosial

Media sosial juga dapat mengendalikan lebih banyak traffic ke dalam sebuah situs Anda ketimbang search engine. Facebook, Instagram dan media sosial lainnya memiliki potensi penjualan yang besar karena Anda bisa mempromosikan bisnis Anda secara gratis dan menjangkau segmen yang Anda butuhkan. Grup lokal di media sosial sangat berharga karena anggotanya ada disekitar Anda.

Baca Juga : Seberapa Penting Digital Marketing Agency Untuk Perkembangan Bisnis Anda

Written by
Like Comment
0 Comments