Mau Bisnis Online? Yuk, Pelajari 6 Tips Memulai Bisnis E-Commerce

Saat ini, hampir semua orang tahu apa itu e-commerce. Ya, e-commerce ini memudahkan proses penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik. Walaupun biaya operasional yang dikeluarkan memang relatif minim, tapi berjualan di ranah online memang tidak semudah yang kita bayangkan.

Terlebih lagi bagi mereka yang hanya iseng-iseng menjalankan usaha online akan mendapatkan keuntungan di bawah ekspektasi. Lantas bagaimana cara memulai bisnis e-commerce agar mampu bersaing dengan toko lainnya? Ada beberapa langkah yang perlu diperhatikan bagi Anda yang baru saja  ingin terjun ke dunia bisnis online. Berikut ini ulasannya:

  1. Temukan kebutuhanPertumbuhan-Bisnis-Online

    Banyak orang yang membuat kesalahan saat menjalankan bisnis online, yaitu membuat produk terlebih dahulu ketimbang mencari pasar. Sementara, membuka lapak secara online tidak hanya sekedar menjual produk saja, tapi Anda harus mengetahui kelompok yang mencari solusi dari produk atau jasa yang ditawarkan.

    Lalu, gimana caranya mencari masalah yang dihadapi? Anda bisa mengunjungi forum online, lalu melakukan riset keyword serta mengecek apa yang dilakukan pesaing potensial Anda. Dengan demikian, Anda dapat menjual produk yang memenuhi kebutuhan pasar.

  2. Lakukan kampanye penjualan
    Kampanye penjualan berupa video kreatif atau copywriting dapat menarik minat calon pelanggan untuk mengetahui lebih lanjut apa yang Anda tawarkan sampai mereka benar-benar yakin membelinya di toko Anda.
    Sebagai pemilik brand, Anda wajib memproduksi produk atau menyediakan jasa yang diinginkan pasar, sementara sebagai distributor Anda harus melakukan funneling sesuai target pasar produk yang diijual. 
  3. Desain situs penjualan
    Buat situs penjualan yang simple terlebih dahulu saat mulai memasarkan produk. Pastikan Anda selalu mengisi konten situs secara konsisten. Asal, Anda tahu menjual produk lewat situs penjualan sendiri memang membutuhkan usaha yang tidak singkat, minimal 4 hingga 8 bulan. Oleh karena itu, maraknya situs belanja online ritel atau marketplace bisa Anda manfaatkan untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak lagi.      
    8commerce bisa menjadi solusi Anda agar toko e-commerce mampu bersaing secara online. Mengandalkan digital marketing tentunya bisa menjadi solusi tepat untuk memecahkan permasalahan Anda.
  1. Gunakan teknik SEO & SEM
    SEO-vs-SEM
    Teknik SEO (Search Engine Optimization) adalah salah satu cara yang mudah, murah dan ampuh untuk menggaet trafik ke situs penjualan meskipun memerlukan waktu yang lebih lama ketimbang teknik SEM (Search Engine Marketing). Keduanya adalah usaha digital marketing yang bisa diandalkan untuk membantu menarik pelanggan lebih banyak.
  1. Bangun reputasi toko online
    Banyak orang menggunakan internet untuk mencari informasi sehingga Anda bisa menyajikan info gratis di situs Anda. Secara perlahan, hal ini dapat membantu meningkatkan trafik serta rangking di mesin pencari. Reputasi usaha juga bisa Anda bangun lewat reward serta giveaway untuk pelanggan setia.
  1. Upselling & cross selling
    Saat Anda mengantre di kasir, pernahkah Anda ditawari “mau sekalian (produk)nya” atau “mau tambah (produk)?” Itulah yang dinamakan sebagai teknik upselling dan cross selling. Anda bisa melakukan teknik yang sama untuk menjual produk lebih banyak.

Itu dia 6 cara yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis e-commerce. Setelah Anda berhasil menggaet pelanggan, jangan lupa untuk mengurus hal vital lain, seperti strategi harga, ketersediaan produk,  kontrol kualitas dan pelayanan.

Baca Juga : Sukses Jualan Online dengan Strategi Remarketing

Video : Mau Profit Toko Online Anda Bertambah? Perbaiki 5 Kesalahan ini!

 

Written by
Like Comment
0 Comments