Konsep Manajemen Pemasaran yang Baik

Manajemen pemasaran adalah strategi yang digunakan untuk memasarkan, mengelola, serta menyediakan kebutuhan orang lain dengan produk terkait. Mengenai konsep pemasaran sendiri ada beberapa aspek penting yang perlu diperhatikan karena target pasar pada beberapa produk akan saling berbeda. Oleh karena itu, banyak metode yang bisa diterapkan untuk melakukan pendekatan lebih kepada calon pelanggan.

Dalam konsep manajemen pemasaran sendiri, ada tiga jenis sasaran segmen, yaitu orang yang membutuhkan, orang yang tertarik, dan orang biasa. Saat Anda menjual produk dan jasa, penting untuk menjalankan strategi pemasaran yang sesuai dengan segmen. Berikut beberapa cara dan manajemen pemasaran yang paling tepat.

Baca juga: Seberapa Penting Digital Marketing Agencty untuk Perkembangan Bisnis Anda? 

Pengertian Marketing

Marketing atau pemasaran adalah suatu upaya untuk mendapatkan perhatian orang lain terkait produk yang ditawarkan. Dari pengertian tersebut menitikberatkan sasaran pemasaran produk yang tepat karena tidak semua orang memiliki minat sama. Untuk itulah diperlukannya manajemen pemasaran yang efisien agar tidak membuang waktu dan tenaga.

Sasaran segmen dianggap tepat jika mampu membawa banyak orang dalam waktu yang dekat. Bagaimana caranya? Sederhana. Anda hanya perlu menerapkan strategi pemasaran yang tepat. Nantinya jika sudah menjadi bahan pembicaraan orang lain akan cepat mengantarkan pelanggan setia pada Anda. Sebelum melangkah lebih jauh, berikut ada beberapa hal terkait dalam konsep pemasaran.

Baca juga: 15 Cara Promosi Produk Anda Supaya Berhasil 

Konsep Manajemen Pemasaran Efektif

Konsep pemasaran yang efektif akan membuat calon pelanggan tertarik dengan apa yang Anda tawarkan. Darisegi harga, sasaran, kemasan, dan lain sebagainya dapat membantu Anda mendapatkan pelanggan baru dalam waktu yang singkat. Berikut ini ada beberapa konsep manajemen pemasaran efektif yang bisa Anda coba.

Business slogans on a road and street signs

Business slogans on a road and street signs

  • Harga
    Harga adalah hal pertama yang biasanya dilihat oleh para calon pelanggan sebelum melihat fitur ata kelebihan dari suatu produk atau jasa. Sebab, kebanyakan orang masih memiliki konsep money oriented. Dalam cara pemasaran yang efektif, Anda bisa menawarkan harga promo dalam jangka waktu yang ditentukan.
  • Kemasan
    Kemasan adalah salah satu hal penting yang juga perlu diperhatikan. Banyak orang yang terbiasa melihat kemasan terlebih dahulu sebelum melihat apa yang ada di dalamnya. Untuk itulah, Anda dituntut untuk membuat kemasan yang bagus dan mampu menarik perhatian.
  • Sasaran
    Setiap produk atau jasa memiliki sasaran segmen pasar masing-masing sehingga Anda perlu menyusun strategi marketing mengenai bagaimana cara produk tersebut dapat dijangkau oleh kalangan yang tepat. Dengan demikian, Anda tidak perlu membuang banyak waktu.

Itu dia beberapa hal yang bisa Anda pertimbangkan untuk melakukan pemasaran yang efektif. Perlu diingat bahwa memasarkan suatu produk atau jasa membutuhkan strategi pemasaran yang tepat. Semoga artikel ini bermanfaat.

Video: Mau Profit Toko Online Anda Bertambah? Perbaiki 5 Kesalahan Ini!

Written by
Like Comment
0 Comments