Kenali Istilah SEO, SEM, dan SMO dalam Digital Marketing

Di era yang serba digital saat ini, banyak pebisnis-pebisnis di Indoensia yang mulai beralih ke dunia digital. Demi meningkatkan angka penjualan serta memperluas jangkauan konsumen yang baru, mereka mulai bermain di dunia digital. Salah satunya adalah membuat website yang menarik. Namun, perlu diingat bahwa terlihat menarik saja tidaklah cukup karena diperlukan hal lain untuk menarik minat konsumen. Bagaimana caranya?

SEO, SEM, dan SMO sering diandalkan untuk mendukung digital marketing strategy.Namun ternyata, kebanyakan dari kita tidak begitu familiar dengan istilah SEO, SEM, dan SMO. Untuk itulah, di artikel kali ini kita akan membahas sedikit ketiga istilah tersebut di dalam digital marketing.

Baca juga: Memaksimalkan SEO untuk Perkembangan Bisnis LokalĀ 

Apa Itu SEO?

1

Search Engine Optimization (SEO) adalah sebuah metode untuk mengoptimasi website atau konten agar mudah ditemukan oleh mesin pencari, seperti Google, Bing, Yahoo, dan lain sebagainya. Pengertian mudahnya, SEO adalah cara agar website atau konten yang Anda posting di internet berhasil ditemukan di halaman satu Google.

SEO adalah salah satu digital marketing strategy yang cukup efektif untuk mendapatkan hasil pencarian organik tanpa menggunakan Ads atau iklan berbayar (gratis). Cara melakukan teknik SEO cukup sederhana yaitu dengan memasukkan elemen-elemen yang ada di mesin pencari dalam website atau konten Anda. Sebelum memulai, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu untuk mempermudah.

Apa Itu SEM?

3

Search Engine Marketing (SEM) adalah penggunaan Ads atau iklan online pada mesin mencari agar halaman website Anda mudah ditemukan oleh pengunjung. Istilah SEM sebenarnya hampir sama dengan SEO. Perbedaanya terletak pada iklannya. Jika SEO tidak memerlukan iklan berbayar (gratis), SEM tidak demikian.

SEM dipastikan melibatkan Ads atau iklan berbayar untuk mempromosikan website ataupun kontennya. Selain itu, SEM juga menggunakan sistem Pay Per Click (PPC), di mana pihak yang mempromosikan melalui iklan atau Ads akan dikenakan biaya saat ada penunjung mengklik iklan. SEM biasanya melibatkan Yahoo, Adwords, atau iklan Bing.

Apa Itu SMO?

Social Media Optimization (SMO) adalah salah satu digital marketing strategy yang juga terbilang efektif untuk meningkatkan pengunjung pada website Anda. SMO adalah cara atau tekink untuk mengoptimasi media sosial. Saat ini, sudah banyak pebisnis yang melirik media sosial untuk membagikan informasi (konten) atau aktivitas mengenai bisnisnya sehingga terjadilah berbagai interaksi.

SMO biasanya menggunakan situs website, blogging, sharing foto dan video, media media sosial, RSS Feed, dan lain sebagainya. SEO juga bertujuan untuk menggiring pengguna media sosial agar mengunjungi website yang Anda miliki untuk meningkatkan traffic.

Baca juga: Ini Dia Tips Menulis Artikel SEO BerkualitasĀ 

Nah, itu dia sedikit ulasan mengenai istilah SEO, SEM, dan SMO dalam digital marketing. Jadi, mulai sekarang jangan sampai keliru untuk membedakannya ya. Sebab, ketiga istilah tersebut memiliki perbedaan. Jika Anda ingin meningkatkan pengunjung website, SEO, SEM, dan SMO bisa menjadi digital marketing strategy yang cukup efektif.

Written by
Like Comment
0 Comments