Kelebihan dan Kekurangan Marketplace

Seiring dengan perkembangan teknologi, sistem ekonomi pun semakin berkembang. Perkembangan nilai uang pun berkembang begitu pesat menyesuaikan dengan sistem ekonomi yang ada pada negara dan dunia.

Dulu, penjual dan pembeli harus bertatap muka. Namun kini, barang bisa sampai ke tangan pembeli bahkan tanpa bertemu dengan penjualnya langsung.
Hanya dengan menggunakan gagdet yang dimiliki, apapun dapat segera Anda miliki tanpa mengeluarkan tenaga untuk pergi ke mall atau pasar.  Berbagai macam pilihan tersajikan. Pertemuan tidak langsung dengan pembeli ini pun ada beberapa sistem yang telah dikenal yaitu marketplace, e-commerce, online shop, dll.

Marketplace tidak memiliki produk sendiri, tetapi menyediakan tempat untuk mempertemukan banyak penjual dan pembeli, fasilitas, dan infrastruktur agar pembeli bisa dengan mudah melakukan transaksi.
Konsep marketplace ini lebih disukai banyak orang karena transaksi dianggap lebih terjamin mengingat banyaknya penipuan belanja online. Anda dapat mempertimbangkan untuk menggunakan marketplace dengan mengetahui lebih dalam apa kelebihan dan kekurangannya. Berikut ini merupakan kelebihan dan kekurangan sebuah marketplace:

Kelebihan Marketplace

  1. Hanya perlu membuka akun, memposting produk yang akan dijual serta tak lupa memberikan keterangan produk.
  2. Sistem marketplace telah banyak dipercaya para pembeli karena jaminan transaksi, rekening bersama, dan banyak pilihan produk yang tersedia sehingga para calon pembeli akan melihat, membuka dan memilih sendiri barang yang Anda jual.
  3. Adanya promosi gratis dari marketplace akan meminimalisir biaya marketing Anda

 

Kekurangan Marketplace

  1. Banyaknya para pedagang bahkan dengan jenis dagangan yang sama membuat marketplace sebagai wadah persaingan terbuka antar penjual
    Hal ini mungkin akan membuat barang yang anda tawarkan sulit terjual. Namun hal tersebut dapat diatasi dengan cara berikut. Manage-lah akun jual-beli anda dengan baik. Management akun marketplace yang baik seperti pelayanan fast response, jujur dan detail dalam memberikan deskripsi produk serta ramah dalam pelayanan.
  2. Banyaknya pedagang meminimalisir promosi produk Anda menjadi tidak terfokus
    Karena semua pedagang akan berebutan untuk Iklan. Fitur searching pun tidak hanya berfokus pada produk kita saja. Pembeli dapat dengan mudah beralih ke produk lain karena banyaknya produk yang ditampilkan dari berbagai penjual.
  3. Keberlangsungan roda penjualan dan pembelian di marketplace sangat bergantung pada pengelola
    Bisa saja situs tersebut tutup atau membuat kebijakan baru yang merugikan Anda sehingga dengan sistem ini memang penjual tidak memiliki kuasa penuh. Dan yang terkenal pun adalah situs tersebut, bukan produk Anda. Anda tidak dapat memperkuat branding produk Anda jika menggunakan sistem ini.

Written by
Like Comment
0 Comments