Ini Dia Tips Layanan Pengembalian Produk pada E-commerce

Setiap penjual pasti ingin memberikan pelayanan maksimal demi kepuasan setiap pelanggan. Sudah sepantasnya, Anda sebagai penjual menyediakan berbagai fasilias yang memudahkan para pelanggan. Salah satunya adalah fasilitas pengembalian produk pada e-commerce. Apabila sistem ini dikelola dengan baik maka akan menjadi promosi bisnis yang sangat bermanfaat demi menjamin loyalitas konsumen.

Nah, salah satu fasilitas yang sering kita jumpai dalam rangka meningkatkan pelayanan pada konsumen adalah adanya fasilitas pengembalian produk pada sebuah eCommerce. Sistem seperti  ini, jika Anda kelola dengan baik, maka akan menjadi sebuah promosi bisnis yang sangat bermanfaat untuk menjamin loyalitas dari pada konsumen.

Berikut ini ada beberapa tips cara mengelola sebuah sistem pengembalian produk yang tepat.

  1. Info Mengenai Pengembalian Produk Harus Jelas1 (2)

    Hal ini yang kerap terjadi pada kebanyakan e-commerce, di mana mereka terlalu mengkhawatirkan akan ada banyak pelanggan yang mengembalikan produk. Namun, perlu diketahui bahwa menyembunyikan info pengembalian akan membuat kredibilitas e-commerce mengalami penurunan. Selain itu, info pengembalian produk yang mudah dan jelas tentunya akan membuat kita terus berhati-hati dan berupaya untuk terus meningkatkan kualitas produk. Jadi, Anda tidak perlu takut barang dikembalikan apabila barang tidak bermasalah.

    Sebuah e-commerce yang baik, seyogyanya akan menampilkan informasi untuk pengembalian produk. Hal ini bertujuan untuk memberikan informasi kepada calon pembeli agar mempelajari dengan baik sebelum memutuskan membeli produk.

 Baca Juga : 6 Tips Membangun Toko Online yang Sukses

 

  1. Waktu Pengembalian yang Lebih Lama
    Walaupun hal ini semakin meningkatkan kemungkinan akan ada banyak produk yang dikembalikan, tapi di sisi lain memberikan dampak positif kepada pelanggan. Mereka akan semakin percaya dengan e-commerce Anda karena selalu berusaha untuk memberikan pelayanan maksimal. Pelanggan akan merasa nyaman saat melakukan pengembalian pertama, apalagi dengan tenggat waktu yang sedikit lebih lama.
  1. Teknis Pengembalian Barang yang Jelas
    Informasikan tata cara pengembalian barang secara jelas. Berikan instruksi sederhana bagaimana teknis pengembalian barang yang bisa dilayani Anda. Selain pengembalian barang, Anda juga bisa memberikan layanan refund. Informasikan syarat pengembalian barang yang bisa direfund secara detail agar pelanggan tidak merasa ditipu. Dengan menginformasikan cara pengembalian produk sedetail mungkin maka kepercayaan konsumen terhadap Anda pun akan semakin meningkat.
  2. Minta Feedback atau Testimoni dari PelangganCustomer-testimonialsBiasanya testimoni atau feedback positif akan membantu meningkatkan kepercayaan kepada konsumen lainnya terhadap Anda. Selain itu, kritik dan saran juga akan membantu Anda dalam mengembangkan e-commerce. 

Baca Juga : Sukses Jualan Online dengan Strategi Remarketing

Jadi, mulai dari sekarang berupayalah untuk memberikan pelayanan secara maksimal terhadap setiap konsumen, baik pelanggan besar ataupun kecil. Sebab, sekecil apapun pelayanan yang diberikan kepada pelanggan akan menjadi catatan tersendiri bagi mereka. Ingatlah, kepuasan pelanggan adalah kunci sukses dalam menjalankan bisnis.

Video :  4 Cara Meningkatkan Customer Retention E-commerce Anda

Written by
Like Comment
0 Comments