Ini Dia Alasan XL Melepas Elevenia

Operator seluler XL akhirnya mengambil langkah untuk melepas saham Elevenia, usaha patungan XL dan SK Planet. Setelah ditemui usai peluncuran Gerakan Donasi Kuota XL, Dian Siswarini selaku CEO mengungkapkan alasan di balik keputusan XL akhirnya melepas saham Elevenia.

“Dengan keputusan rasional, jadi kamu memilih untuk menjualnya,” kata Dian kepada Tekno Liputan6.com di Kantor Ghra XL, Jakarta, Selasa (29/8/2017).

XL resmi menandatangani perjanjian Jual Beli Bersyarat (CSPA) untuk melepas seluruh kepemiliikan saham di PT XL Planet (Elevenia), termasuk saham dari SK Planet Global Holdings Pte. Ltd. (SK Planet) kepada PT Jaya Kencana Mulia Lestari dan Superb Premium Pte. Ltd.

Sebenarnya, niat XL menjual Elevenia sudah sejak ada tahun lalu. Menurutnya, hal tersebut didasari dengan berbagai faktor, salah satunya adalah kehadiran para pelaku e-commerce global ke Indonesia, termasuk Alibaba yang berinvestasi ke e-commerce lokal.

3

Dia tidak memungkiri bahwa jika XL bisa masuk ke bisnis e-commerce dan memenangkan persaingan akan memberikan keuntungan besar. Namun sejak tahun 2016, adanya pesaing besar di bidang e-commerce yang masuk ke Tanah Air.

“Dengan masuknya pemain besar ke Indonesia, dunia e-commerce semakin crowded dengan investasi besar dari luar. Kalau mau menang memang membutuhkan dana yang besar. Apalagi, perusahaan seperti XL membutuhkan dana yang besar juga. Jadi, tidak bisa memiliki dua hal yang membutuhkan dana besar.” Tukas Dian.

Dengan alasan itulah, XL pun akhirnya memutuskan untuk fokus ke bisnis telko karena keuntungan yang mereka dapatkan di e-commerce semakin kecil. Dia juga menambahkan bahwa sebuah perusahaan yang ingin berkecimpung di ranah e-commerce membutuhkan modal yang tidak sedikit. Oleh karena itu, semakin banyaknya kompetisi maka semakin yakin XL melepaskan Elevenia demi kelancaran bisnis mereka.

 

Written by
Like Comment
0 Comments