Ini Dia 6 Cara Ampuh Menciptakan Headline yang Kuat untuk Konten

Pernahkan Anda berhenti secara tiba-tiba saat melihat sebuah iklan melalui kaca mobil Anda? Jika iya, mungkin Anda sudah tersihir dengan kekuatan headline dari sebuah iklan yang terpampang di hadapan Anda. Hal yang pertama kali akan menangkap perhatian seorang pembaca adalah headline. Sebaris judul bahkan dianggap lebih penting dari isi artikel. Dengan headline yang menarik, pembaca akan tertarik untuk membaca lebih lanjut.

Sebuah headline yang kuat akan membuat pembaca berhenti dan memperhatikan konten Anda. Namun, jika headline terasa membosankan, audiens akan secara otomatis melewatkan konten yang Anda buat. Sebuah studi menunjukkan bahwa sekitar 80% orang membaca headline, tetapi hanya 20% saja yang benar-benar membaca keseluruhan kontennya. Jadi, bagaimana cara membuat headline yang dapat menarik perhatian audiens? Berikut ini beberapa cara ampuh yang bisa Anda lakukan.

Baca juga: Jurus Efektif untuk Konten Iklan Agar Produk Laku Terjual 

Memberikan nilai berharga dengan angka atau data

Menggunakan angka dalam sebuah headline adalah salah satu cara untuk menarik perhatian. Sebuah studi menemukan bahwa pembaca akan cenderung mengklik headline yang disertai dengan angka daripada judul dengan teks biasa. Headline dengan angka disebut-sebut efektif karena memberi pembaca nilai tertentu  yang bisa mereka harapkan.

Menyajikan konten dengan manfaat yang jelas

phat-trien-chien-luoc-noi-dung-qua-y-dinh-nguoi-mua1

Audiens akan membaca konten untuk mencari solusi atas pemasalahan yang mereka alami. Saat membuat headline, sebenarnya Anda sedang menyajikan solusi untuk masalah dari setiap pembaca. Inilah yang memberikan alasan kuat untuk membaca konten secara keseluruhan. Semakin jelas Anda menyajikan manfaat konten yang dibuat, semakin tinggi angka pengunjung yang akan didapatkan. Ini bisa menjadi cara meningkatkan pengunjung blog yang ampuh.

Memainkan emosi yang kuat

Pembaca adalah manusia yang memiliki perasaan. Headline yang mampu memicu emosi dengan tepat di dalamnya akan menarik lebih banyak aksi dari pembaca. Anda bisa menggunakan kata-kata kuat yang dapat membangkitkan emosi.

Kata-kata seperti luar biasa, menakjubkan, berani, atau lain sebagainya adalah contoh diksi kuat yang mendorong pembaca untuk mengambil tindakan. Selain itu, headline yang emosional juga dinilai efektif karena menyentuh hati pembaca secara pribadi. Pastikan Anda menambahkan nilai pada headline yang Anda buat.

Memakai kata tanya untuk menghasilkan kesan ingin tahu

Headline yang mengajukan pertanyaan akan secara otomatis memicu rasa penasaran di benak pembaca. Semakin kuat pertanyan, semakin tinggi rasa ingin tahu pembaca. Saat pembaca melihat headline dengan bentuk pertanyaan, mereka menganggap konten tersebut dapat menjawab pertanyaan tersebut. Ini dianggap sebagai salah satu cara meningkatkan pengunjung blog yang terbilang cukup efektif

Membuat headline yang berisi panduan

Tahukah Anda? Postingan mengenai panduan adalah salah satu jenis konten terpopuler dan terbilang cukup efektif sebagai cara meningkatkan pengunjung blog. Sama seperti headline berbasis pertanyaan, headline yang berisi panduan juga memunculkan rasa ingin tahu pada pembaca. Hal ini akan membuat mereka berpikir bahwa mereka bisa kehilang informasi berharga jika tidak membaca konten tersebut.

Membuat headline kontroversial

Topik yang kontroversial memang dapat menimbulkan ketertarikan yang signifikan. Sebab, mereka menantang kebijaksanaan yang konvensional dan bertentangan dengan kepercayaan dari banyak orang. Hal inilah yang secara otomatis menarik minat para pembaca untuk membaca konten tersebut.

Baca juga: Memaksimalkan SEO untuk Perkembangan Bisnis Lokal 

Itu dia 6 cara yang cukup efektif untuk membuat headline yang kuat dan menarik banyak perhatian pembaca. Perlu diingat bahwa membuat headline yang kuat untuk sebuah konten adalah strategi digital marketing untuk meningkatkan pengunjung blog yang berpengaruh pada bisnis yang Anda jalankan. Semoga artikel ini bermanfaat!

 

 

Written by
Like Comment
0 Comments