Ini Beberapa Alasan Mengapa Bisnis E-commerce Anda Tidak Berkembang

Berdasarkan data dari internetworldstats 2016, dikatakan ada sekitar 93.4 juta pengguna aktif internet di Indonesia dari total 259.1 juta penduduk Indonesia. Dari jumlah pengguna diatas dapat dikatakan betapa berkembangnya dan betapa aktifnya dunia internet di Indonesia. Dengan berkembangnya bisnis e-commerce di Indonesia, banyak brand memanfaatkan internet sebagai tempat untuk melakukan transaksi dengan pelanggan dari seluruh Indonesia. Dengan itu, kita dapat mempercayai bahwa dimanapun ada internet, pasti ada peluang bisnis yang menjanjikan. Tetapi peluang bisnis tersebut hanya berlaku jika para pemilik brand benar-benar mengetahui tentang cara kerja bisnis e-commerce, dan paham mengoptimisasinya. Jika Anda mendalami bisnis e-commerce dengan benar tentu Anda akan mendapatkan profit besar.

Dapat dikatakan walaupun kita hidup di jaman yang dipenuhi dengan aktifitas internet, masih banyak pebisnis yang tidak memanfaatkan kesempatan dalam berbisnis online dan banyak dari mereka tidak menggunakan strategi yang tepat dalam menjalankan bisnis e-commerce.

Jika Anda menjalankan bisnis e-commerce dan merasa bisnis Anda tidak berkembang mungkin ini alasannya:

1. Anda Tidak Mengeluarkan Budget Marketing

Ketika membahas tentang bisnis e-commerce, salah satu hal yang menentukan kesuksesan bisnis e-commerce adalah bagaimana bisnis Anda bisa diketahui oleh semua orang. Nah , agar bisnis Anda dapat dikenal, Anda bisa menggunakan SEO. SEO atau Search Engine Optimisation berlaku ketika orang mencari produk, atau jasa di search engine dan nama website Anda akan berada di bagian paling atas atau halam utama di mesin pencarian. Hal itu tentu memudahkan pelanggan untuk mencari bisnis Anda. Jika Anda tidak bisa mengerjakan sendiri Anda bisa meminta bantuan dari perusahaan yang sudah berpengalaman dalam melakukan SEO untuk memudahkan pekerjaan Anda.

Baca juga : Jualan di Marketplace atau Bangun Toko Online? 

2. Website Anda Tidak Memberikan Jaminan Keamanan

Dengan banyaknya pengguna internet di dunia dan tentunya dapat diakses oleh siapa saja, Anda wajib menjamin bahwa website Anda aman bagi siapa saja. Memperhatikan privasi dan kerahasiaan dari pelanggan adalah sebuah keharusan dan wajib.

Memang bertransaksi secara online telah memudahkan dalam berbisnis tapi Anda harus mewaspadai bahwa privasi pada internet itu sangat penting. Siapa saja bisa Anda karena mencuri informasi perusahaan Anda, bahkan mencuri data mengenai siapa saja pelanggan Anda. Anda diharuskan untuk menggunakan keamanan yang tinggi untuk mencegah terjadinya hacking, spamming, dan pengintaian oleh orang-orang yang tidak baik dan serangan cyber lainnya.

3. Tidak Menggunakan Sosial Media untuk Strategi Marketing

Dunia internet memanglah sangat kompetitif. Maka dari itu Anda bisa menggunakan sosial media sebagai salah satu media pemasaran. Seperti yang Anda ketahui tidaklah mudah untuk membangun brand dan apakah Anda tau bahwa media sosial bisa membantu membangun kredibilitas brand dan memasarkan brand Anda.

Ketika Anda sudah menggunakan media sosial seperti Facebook, Twitter, Linkedin, Youtube, Instagram dan lainnya, lalu melakukan pengelolaan dengan benar, orang-orang akan terus mengunjungi sosial media Anda untuk mencari tau update dari brand Anda. Dengan kata lain jika Anda aktif di media sosial, pelanggan Anda akan tertarik untuk melihat produk apa saja yang akan Anda tawarkan.

Baca juga : Apakah Customer Online Suka Membagi Pengalaman Berbelanja di Media Sosial?

Apakah Customer Online Suka Membagi Pengalaman Berbelanja di Media Sosial?

4. Coba Strategi Baru

Misalnya Anda bisa mendapatkan banyak penjualan melalui di Facebook, tetapi Anda tidak mencobanya di channel lain, seperti di Instagram atau Anda sudah membangun blog di website Anda yang tapi tidak mendatangkan banyak traffic. Apa yang harus Anda lakukan? Pasanglah iklan sebanyak mungkin! Buat konten yang menarik, perluas target Anda dan cobalah cari pasar baru untuk mengembangkan bisnis Anda. Contohnya adalah, jika iklan Anda telah mendapatkan perhatiaan pelanggan anak muda di daerah Jakarta, maka Anda juga bisa dapat mengembangkan target Anda untuk memikat pelanggan anak muda dari daerah luar Jakarta, seperti Bekasi, Bogor atau Tangerang. Intinya adalah Anda harus mengoptimisasi apa yang sudah berhasil bagi Anda dan dikembangkan lagi.

Kesimpulan

Anda bisa memasukan budget untuk digital marketing, manfaatkan peluang yang ada dengan optimisasi di media sosial, buat kontes dan melakukan giveaways, berinvestasi melakukan e-mail marketing, dan lakukan apa saja yang Anda pikir berhasil untuk mengembangkan bisnis Anda.

Anda bisa mencari solusi dengan bekerjasama dengan perusahaan profesional seperti 8commerce yang memberikan layanan lengkap untuk bisnis e-commerce yang salah satu layanannya adalah digital marketing.  http://digitalmarketing.8commerce.com

Download : Panduan E-commerce 2017 “Gaya Belanja Online Lintas Generasi”

Written by
Like Comment
0 Comments