Ingin Membuat Toko Online Gratis? Coba 7 Tool E-Commerce Ini

Perkembangan teknologi yang semakin pesat saat ini dimanfaatkan oleh kebanyakan orang, salah satunya untuk menjalankan toko online. Hanya dengan bermodalkan internet dan perangkat PC atau laptop, seseorang sudah bisa menjalankan bisnis online. Memang, bisnis online dianggap lebih mudah, praktis, dan tentu saja lebih banyak dalam menjangkau pembeli.

Meskipun agak asing, terutama bagi mereka yang tidak terlalu mahir dalam mengelola website, tentunya kehadiran toko online menjadi dilema tersendiri. Di satu sisi, bisnis online sulit untuk dikuasai, tapi di sisi lain memberikan kesempatan lebih besar untuk memasarkan produk maupun jasa secara luas. Apakah saat ini Anda masih tidak berani memulainya karena merasa pemula? Tidak perlu khawatir, berikut ini ada beberapa tool e-commerce yang bisa Anda coba untuk membuat toko online gratis.

Open cart

3

Salah satu platform e-commerce open-source yang cukup populer ini berbasis PHP. Hadirnya komunitas dalam jumlah yang cukup besar membuat OpenCart selalu memperbaharui pengalaman user. Pihaknya juga menyediakan lebih dari 20 gateway pembayaran yang tentunya akan mempermudah segala proses pembelian. Tersedia ribuan tema untuk Anda pilih yang akan memberikan tampilan website lebih menarik.

Baca juga: Perilaku Beli Rumah pun Sekarang Berbeda

PrestaShop

Solusi e-commerce open-source yang bisa Anda coba selanjutnya. PrestaShop mengusung sistem template dari Smarty. Tool ini juga memiliki  fitur-fitur yang teritegrasi dengan templatte dan modul. PetaShop sendiri sudah digunakan lebih dari 160 negara dan diterjemahkan ke dalam 63 bahasa.

WooCommerce

Bagi Anda yang terbiasa memakai WordPress, tool ini  sangatlah direkomendasikan. Selain gratis, WooCommerce juga dipayungi oleh WooThemes sehingga fitur yang tersedia cukup lengkap. Dengan hampir 5 juta pengguna, WooComerce hadir sebagai solusi e-commerce yang populer untuk WordPress. Kelebihan lainnya, WooCommerce dirancang agar mobile friendly.

Spree Commerce

Platfrom Spree Commerce ini memungkinkan pengguna untuk mengatur setiap fungsi yang dibutuhkan secara bebas dan fleksibel. Selain itu, semu fungsinya  dapat dimengerti dengan mudah. Saat ini, Spree Commerce sudah memiliki lebih dari 45.000 pengguna retail di seluruh dunia. Hanya saja, kekurangan Spree Commerce bagi pengguna Indonesia adalah kurangnya dukungan komunitas.

Magento

2

Magento adalah e-commerce yang populer dengan meraih 3 gelar pada 2015 silam. Toko online seperti Begadang, Sophie Paris, Laku.com, Mother Care menggunakan Magento sebagai basis sistemnya. Namun sangat disayangkan, versi gratis halaman host solusi telah dibekukan. Sementara itu, hanya user premium saja yang mendapatkan dukungan penuh dari developer Magento.

SimpleCart

SimpleCart ditujukan untuk toko online skala kecil dengan jumlah pengunjung yang tidak terlalu besar. Meskipun demikian, e-commerce ini cukup efisien karena teknik penggunaan yang mudah dan simple. Tool berbasis JavaScript ini memiliki kemampuan pembayaran melalui Google Checkout, PayPal, dan Amazon Payment.

Jigoshop

Jigoshop adalah senior dari WooCommerce yang sasarannya adalah pengguna WordPress. Dirilis pada tahun 2011 silam, Jigoshop telah ditanamkan ratusan ekstensi dan puluhan tema. Sejatinya, Jigoshop adalah tool tidak berbayar, tapi  beberapa fungsinya mengharuskan pengguna membayar user agar dapat mengakses.

Baca juga: Diprediksi Pasar E-Commerce di Asia Tenggara Aakan Menduduki Peringkat Ketiga, Menyusul Tiongkok dan India 

Itu dia 7 tool gratis yang bisa digunakan oleh Anda yang ingin menjalankan bisnis e-commerce. Memang, menjalankan bisnis online susah-susah gampang. Namun, selama Anda memiliki tekad yang kuat dan strategi marketing jitu, bisnis online akan berjalan dengan baik. Semoga artikel ini bermanfaat!  

 

Written by
Like Comment
0 Comments