E-commerce UMKM Menjadi Pembahasan Penting APEC

 

Pertemuan APEC SME Ministerial Meeting (MM) ke-24 dan APEC Small and Medium Enterprises Working Group (SMEWG) ke-45 membahas salah satu isu penting terkait peningkatan akses pasar bagi Usaha Mikro Kecil, dan Menengan (UMKM) melalui digitalisasi.

Pertemuan APEC SME Ministerial Meeting ke-24 yang mengusung tema Strengthening MSMEs’ Competitiveness and Innovation in the Digital Age dibuka secara langsung oleh Menteri Vietnam Nguyen Xuan Phuc, Jumat (15/9).

Pertemuan tersebut banyak membahas cara memperkuat akses pasar negara-negara APEC terhadap global value chain, memperkuat UMKM APEC, meningkatkan kapasitas serta manajemen dengan pelatihan dalam inovasi dan digital ekonomi.

565882137

Filipina sendiri meluncurkan APEC MSME Marketplace yang berisi informasi mengenai UMKM para anggota ekonomi. Wayan, ketua delegasi Indonesia memberi masukan kepada Filipina untuk memantau pelaksanaannya agar bermanfaat bagi semua anggota ekonomi APEC.

Wayan mengungkapkan isu e-commerce sudah diusung Indonesia pada pertemuan APEC sejak lama karena diperkirakan perdagangan dalam era teknologi akan menjadi kekuatan yang besar. Dia juga menambahkan pertemuan tersebut menghasilkan banyak program yang dapat diterapkan di Tanah Air.

 

 

Written by
Like Comment
0 Comments