E-Commerce: Pengertian dan Manfaatnya

Secara sederhana, e-commerce memiliki pengertian sebagai pemasaran dengan media elektronik. E-commerce atau electronic commerce hadir seiring dengan pesatnya pertumbuhan internet. Segala proses penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang maupun jasa dilakukan melalui sistem elektronik, seperti internet, televisi, www, atau jaringan komputer lainnya.

E-commerce hadir untuk menjawab tuntutan gaya hidup modern yang terkait dengan kemudahan dan kecepatan dalam segala aspek. Tidak hanya pembeli saja yang mendapatkan kemudahan, para penjual juga dengan mudah memasarkan produk atau jasa secara online.

 2

Beragam Manfaat Hadirnya E-Commerce

E-commerce banyak diminati karena bebagai  alasan, salah satunya adalah kemudahan yang didapatkan baik oleh pembeli maupun penjual. Berikut ini beberapa manfaat e-commerce Indonesia yang perlu Anda ketahui.

Bagi Pemilik Usaha

Ada beberapa manfaat e-commerce bagi pemilik usaha, antara lain:

  1. Penjualan global
    Dengan adanya e-commerce, pemilik usaha dapat memasarkan produk ke lebih banyak konsumen. Dengan kata lain, pemilik usaha tersebut dapat menjangkau pasar yang lebih luas.
  1. Pengurangan biaya perusahaan
    Pemilik usaha tidak perlu lagi mengeluarkan biaya berlebih dalam menyediakan gedung atau toko dan pegawai untuk dipekerjakan. Hal ini  tentunya akan mengurangi biaya perusahaan sekaligus meningkatkan keuntungan.
  1. Pengurangan infrastruktur
    Pemilik usaha tidak perlu repot-repot membuka banyak cabang penjualan atau distribusi karena banyaknya e-commerce yang menawarkan gudang penyimpanan untuk mempermudah proses pengiriman.
  1. Pengurangan harga produk
    E-commerce akan membantu menekan harga produk semurah mungkin sehingga dapat menjangkau konsumen lebih banyak untuk membelinya.

Baca juga: Tantangan Besar Bisnis Logistik E-Commerce dari Segi Infrastruktur 

Bagi konsumen

Selain pemilik usaha, para konsumen juga akan mendapatkan manfaat dari adanya e-commerce, yaitu:

  1. Kemudahan belanja 24/7
    1

    E-commerce memungkinkan konsumen untuk membeli produk 24 jam non stop. Berbeda dengan toko offline yang memiliki jam tutup. Dengan demikian, Anda bisa mendapatkan barang yang diinginkan kapanpun.
  1. Menghemat waktu
    Konsumen dapat menghemat waktu dalam berbelanja karena tidak perlu mendatangi toko. Cukup dengan membuka website, mencari produk yang diinginkan lalu membayarnya. Setelah itu, Anda hanya tinggal menunggu barang tiba di rumah.
  1. Melakukan perbandingan secara akurat
    Dengan adanya e-commerce berbasis online, konsumen dapat membandingkan berbagai produk sekaligus. Berbeda dengan toko biasa, di mana Anda perlu mendatangi beberapa toko untuk mencari harga termurah. E-commerce memungkinkan Anda untuk melakukan perbandingan melalu komputer dan mengecek berbagai harga barang di toko-toko online.
  1. Pembeli lintas wilayah
    E-commerce memudahkan Anda untuk membeli produk dari luar negeri tanpa harus pergi ke sana. Dengan menggunakan sistem pembayaran yang telah ditentukan, Anda akan mendapatkan kemudahan membeli produk.

Baca juga: Ini Dia Hal yang Perlu Dihindari Jika Berbisnis E-Commerce 

Itu dia beragam manfaat e-commerce, baik untuk pemilik usaha maupun konsumen. Ternyata, banyak sekali ya manfaat dan keuntungannya.

Anda tertarik untuk menjalankan bisnis e-commerce, tapi tidak tahu bagaimana cara memulainya? Jangan khawatir, 8commerce sebagai e-commerce enabler hadir untuk memudahkan para pebisnis e-commerce untuk bersaing di pasar. Memasarkan produk lewat toko online tidak hanya sebatas pada pembangunan sistem e-commerce saja, melainkan proses operasional di belakangnya.

Menanggapi hal tersebut, 8commerce hadir untuk membantu para pelaku e-commerce untuk tidak lagi memusingkan urusan operasional tersebut sehingga dapat lebih fokus memberikan layanan terbaik bagi setiap konsumen.

Video: Strategi bagi Pemula untuk Sukses di Bisnis E-Commerce 

Written by
Like Comment
0 Comments