Cara Riset Keyword Untuk Menulis Artikel Di Website

Sangat penting untuk para blogger (penulis blog) melakukan riset keywords atau menentukan kata kunci, baik itu berupa penulisan artikel untuk pribadi, penulisan artikel untuk publik atau bahkan penulisan artikel untuk bisnis apalagi sebagai media pengiklanan internet marketing.

Mengapa melakukan riset keywords untuk artikel di blog/website itu penting?

Riset keywords ini bisa diibaratkan seperti anda menentukan tema atau topik untuk artikel Anda, hanya saja riset keywords ini berupa kata kunci yang akan mengarah kepada artikel yang Anda buat. Jadi dalam dunia blogging hal yang paling utama adalah visitor blog. Nah, kata kunci inilah yang berguna membawa visitor ke blog anda.

Di internet kita akan bersaing dengan jutaan hingga miliaran konten. Topik apapun yang akan Anda pilih hal tersebut harus didasari dengan perumusan. Salah dalam memilih tema akan mengarahkan Anda pada tingkat kesulitan yang sulit terpecahkan, dan disinilah riset keyword akan menguak sejumlah poin penting yang perlu Anda ketahui.

Reset kata kunci atau keyword merupakan salah satu tahapan terpenting dalam membangun blog. Riset keyword diperlukan untuk mengungkap sejumlah hal pokok, seperti mencari tahu tingkat popularitas keyword, mengukur tingkat persaingan, estimasi nilai pay-per-click (PPC), dll.

Riset keyword adalah bagian dari tahapan implementasi Search Engine Optimization (SEO). SEO sendiri merupakan serangkaian langkah teoritis untuk mengoptimasi situs web atau blog agar dapat memenangkan persaingan di halaman hasil penelusuran mesin pencari (Google, Yahoo, Bing, dll). Ketika suatu blog dapat teroptimasi dengan baik, maka blog tersebut dapat menduduki peringkat pertama hasil pencarian mesin pencari.

Baca Juga : 4 Strategi Copywriting Terbaik untuk Konten Marketing E-commerce

Untuk menulis sebuah artikel di website membutuhkan judul/tema yang menarik. Dimana untuk dapat membuat sebuah judul yang menarik, kita perlu memiliki keywords atau kata kunci. Jika bingung untuk mencari acuan keywords, Anda bisa melakukan riset terlebih dahulu.

Melakukan riset keywords bisa dengan berbagai cara, yaitu dengan menggunakan Keyword Tool.
Keyword Tool merupakan tools yang disediakan oleh Google Adwords untuk mencari acuan keywords atau mencari keywords seperti apa yang paling sering dicari orang.

research keywords

Masukkan kata kunci yang ingin anda lihat popularitasnya atau kata kunci yang banyak dicari.  Lihatlah hasil pencarian keywords pada tab menu keyword, itulah kata kunci populer yang paling banyak dicari dan dapat anda gunakan untuk konsep dalam meriset keyword Anda.  Fitur ini juga bisa menset pencarian kata kunci dalam bahasa apapun dalam dalam search engine negara lain, jadi sangat cocok untuk anda yang berburu visitor dari luar Indonesia.

Kesimpulan:

Meriset keyword atau kata kunci pada suatu artikel sangatlah penting untuk mendatangkan visitor.  Fokuslah pada riset kata kunci abadi atau kata kunci pendek karena 2 kata kunci ini sangat besar pengaruhnya pada visitor.  Namun kata kunci musiman dan kata kunci panjang tidak kalah penting juga sesuaikan dengan niche (tema atau konsep artikel) blog anda.

Video : 6 Aturan Wajib Menulis Artikel yang Hits untuk Website

https://www.youtube.com/watch?v=yqb1wHxFVR0&t=12s

Written by
Like Comment
0 Comments