Cara Baru Pemasaran Digital Menggunakan Content Marketing

Di era online digital saat ini, sering kali kita mendengar istilah content marketing atau pemaaran melalui konten. Lantas, apa sebenarnya content marketing itu?

“Content Marketing adalah sebuah jalan untuk mencapai dan menarik target konsumen yang ada maupun yang potensial melalui penciptaan konten/isi. Pesan-pesan marketing, cerita-cerita yang menggerakkan kepercayaan, perasaan, opini dan emosi bisa dikategorikan sebagai content marketing. ” – Dan Bergeon, Likeable Media.

Di era digital sekarang ini, content marketing lekat dengan sebuah artikel atau tulisan. Namun perlu diketahui bahwa content marketing berbeda dengan advertorial atau bentuk iklan yang disajikan dalam gaya bahasa jurnalistik.

Baca juga: Tips Memulai Konten Marketing 

Content marketing sendiri memiliki cakupan luas. Berikut beberapa contoh yang bisa diaplikasikan:

Berupa tulisan atau artikel

2Umumnya, content marketing disajikan dalam bentuk artikel. Artikel disajikan dalam berbagai gaya sesuai dengan kebutuhan, mulai dari review produk atau menggunakan bahasa sehari-hari yang bertujuan agar lebih dekat dengan pembaca.

Disajikan dalam bentuk gambar, foto atau ilustrasi

1Selain dalam bentuk tulisan, content marketing juga bisa disajikan dalam bentuk gambar, foto atau ilustrasi. Sebab, banyak orang yang Ketika orang sudah malas membeli majalah cetak yang kurang praktis untuk dibawa dan disimpan serta harganya cukup mahal, majalah elektronik bisa menjadi content marketingyang mudah. Biayanya pun lebih terjangkau karena tak harus mencetak.lebih tertarik dengan unsur visual ketimbang teks.

Baca juga: Sadar Kekeliruan pada Konten Marketing Anda 

Infografik

Jika banyak data statistik atau angka-angka, content marketing bisa menyulapnya menjadi sebuah infografik. Dengan demikian, pembaca akan lebih memahami data atau statistik secara mudah dan jelas.

Majalah elektronik

Saat orang sudah merasa malas membeli majalah cetak, majalah elektronik dapat menjadi alternatif sebagai content marketing yang mudah dengan biaya yang lebih terjangkau.

Forum

Forum adalah fasilitas yang memungkinkan setiap anggotanya berdiskusi dan memiliki kedekatan satu sama lain di dunia maya. Dengan membangun forum juga dapat merangkul para komunitas untuk lebih mendengar segala masukan dan keluhan yang mereka inginkan.

Itu dia cakupan yang termasuk dalam content marketing. Jadi, mulai sekarang Anda bisa mengembangkan beberapa hal di atas untuk melakukan pemasaran digital melalui content marketing.

 

Written by
Like Comment
0 Comments