Bingung Bagaimana Memulai Jualan Online? Ini Tipsnya

Trend belanja online sudah mulai berkembang dengan pesat di Indonesia. Transaksi online atau biasa dikenal dengan istilah e-commerce memang memudahkan proses pembelian dan penjualan dengan sistem online. Keuntungan yang bisa didapat melalui jualan online salah satunya adalah biaya yang dikeluarkan relatif kecil dibandingkan dengan jualan konvensional. Namun pada prosesnya memang berjualan online itu tak semudah yang dibayangkan.

Sudah banyak orang yang mencoba sistem jualan online namun hanya mendapatkan keuntungan yang sedikit, terlebih tidak menguntungkan sama sekali. Hasil tersebut biasanya dikarenakan hanya dengan niat yang iseng-iseng atau dapat juga oleh faktor strategi jualan online yang tidak efektif.

Lalu strategi yang bagaimana untuk memulai jualan online? Ada beberapa tips yang perlu diperhatikan bagi Anda yang ingin memulai terjun ke bisnis online. Ini dia tipsnya.

Baca Juga : 7 Cara Cerdas Tingkatkan Conversions Rate Toko Online Anda

Riset Pasar

Dari contoh di atas yang menyebutkan banyak orang gagal dalam jualan onlinenya adalah karena salah satu faktor ini. Salah satu solusi dalam sukses berjualan online adalah Anda harus tahu produk apa yang sedang trend bulan ini. Misalkan saja beberapa hari terakhir masyarakat sedang booming produk shampo, maka tugas Anda berikutnya adalah mencari produk tersebut dan mulai menjualnya.

Memang dalam tahap ini dapat dikatakan memiliki banyak kompetitor, tetapi Anda memiliki strategi yang baik sejak awal jadi jangan takut untuk memulainnya.

Memiliki Website

Buatlah toko online Anda sendiri dengan memiliki website dengan desain yang kreatif dan interaktif. Keuntungan memiliki website sendiri adalah Anda tidak perlu bergantung kepada marketplace-marketplace besar semisal Tokopedia ataupun Bukalapak. Semua produk yang Anda tawarkan dalam website adalah kepunyaan Anda sendiri.

Namun kelemahan dalam jualan online melalui website sendiri adalah membutuhkan waktu yang tidak singkat hingga terjadi penjualan. Hal ini dikarenakan website toko online Anda belum memiliki reputasi di mata calon pelanggan. Minimal dalam waktu 4 hinnga 7 bulan, website Anda sudah memiliki penjualan sendiri asalkan Anda tidak lupa untuk rutin mengupdate kontennya.

Melakukan Promosi

Promosi melalui online memang sangat memudahkan bagi para pebisnis online. Selain itu promosi melalui online juga dapat diterapkan dengan gratis. Anda dapat memulainya dari sosial media Anda sendiri seperti Facebook, Instagram, Line, Twitter, dan lainnya.

Satu hal yang paling penting adalah bahan promosinya. Pastikan Anda memiliki bahan image atau video yang kreatif dipadu dengan copywriting unik yang akan memicu reaksi calon pelanggan untuk membacanya. Dengan bahan promosi yang ciamik, ada kemungkinan akan menjadi viral dan menjadikan promosi yang gratis untuk Anda.

Membangun Reputasi

Kini saatnya memperlebar sayap jualan online Anda dengan cara membangun reputasi. Meskipun jualan online, tetap saja word of mouth masih menjadi senjata marketing nomor 1 di dunia. Ketika ada satu orang yang membeli produk Anda dan ia puas dengan produknya, maka ia tak segan akan memberi tahukan pengalamannya kepada sahabat dekat dan keluarganya sehingga akan memicu orang ketiga untuk belanja di website Anda. Hal ini pun berlaku kepada orang ketiga tersebut dan seterusnya.

reputasi toko online

Untuk bisa mencapai tahap ini tentunya mulai dari diri Anda sendiri hingga produk yang dijual. Ingat pembeli adalah raja. Meskipun tidak sedikit pelanggan yang “menyusahkan”, tetap Anda harus melayani mereka dengan ekstra. Begitu pun dengan produk yang dijual, kualitasnya harus sesuai yang ada pada deskripsi toko online Anda. Jangan membuat pelanggan kecewa hanya karena produk yang didapat tidak sesuai dengan yang di website.

Melakukan Engagement Dengan Pelanggan

Tips-Jualan-Baju-untuk-Pemula-Via-Kios-Online (1)

Berhubungan baik dengan pelanggan adalah satu cara yang akan dijamin sukses untuk bisnis online. Faktor media sosial sekali lagi menjadi penting disini karena social networkingnya. Anda dapat membangun komunikasi 2 arah dengan pelanggan melalui update konten di media sosial. Contoh mudahnya adalah dengan memiliki Fans Page Facebook.

Sesekali waktu Anda dapat membuat acara kuis di media sosial yang memberikan hadiah berupa voucher diskon kepada pelanggan Anda.

Baca Juga : Perhatikan 4 Tips Ini Jika Ingin Pemasaran Online Anda Berhasil

Written by
Like Comment
0 Comments