Berikut Ini Tipe-Tipe Konsumen Toko Online, yang Manakah Anda?

Berbelanja secara online adalah kegiatan yang sangat menyenangkan, terlebih jika Anda berhasil membeli barang yang selama ini diinginkan. Namun demikian, tak jarang kegiatan belanja menimbulkan kekecewaan dan penyesalan di kemudian hari. Tentu saja hal ini tergantung pada bagaimana  Anda menempatkan aktivitas dari kegiatan belanja itu sendiri.

Anda termasuk gemar berbelanja online? Jika iya, ternyata ada beberapa tipe konsumen toko online lho, mulai dari tipe innovator, earlyadopters, latebloomers, dan Gap-tech. Berikut ini adalah tipe-tipe konsumen e-commerce berdasarkan riset dari Google tentang belanja di Indonesia:

Baca juga: 5 Fakta Mencengangkan untuk Anda yang Suka Belanja Online 

onlineshopper-1200x600

  1. Innovator
    Tipe konsumen ini biasanya memiliki pendapatan yang tinggi. Mereka cenderung menggunakan aplikasi untuk berbelanja online karena memiliki banyak perangkat. Sekitar 64% konsumen dari tipe ini senang apabila mendapatkan notifikasi dari e-commerce. Untuk pembayaran, mereka cenderung menggunakan internet banking.

    Meskipun konsumen pada tipe ini berpendapatan tinggi, sekitar 74% lebih memilih barang dengan harga murah dan tetap mengutamakan kualitas.
  1. Earlyadopters
    Earlyadopters adalah tipe konsumen dengan pendapatan yang lebih rendah, tapi memiliki banyak perangkat untuk berbelanja. Konsumen tipe ini lebih tertarik mencari informasi tentang e-commerce melalui mesin pencarian (tidak langsung pada aplikasi atau web toko langsung).
    Tipe konsumen ini biasa melakukan pembayaran dengan transfer ATM atau internet banking. Dengan pendapatan yang relatif rendah, tidak mengherankan jika 66% tipe konsumen ini cenderung menyukai barang dengan harga rendah dan 46% tertarik dengan diskon.
  1. Latebloomers
    Tipe konsumen ini termasuk baru dalam dunia e-commerce. Latebloomers tergolong dalam konsumen yang memiliki pendapatan rendah dan satu perangkat. Namun demikian, tipe konsumen ini tergolong aktif. Biasanya mereka berbelanja melaluui mobile sites dan aplikasi belanja online. Harga diskon adalah hal terpenting daripada kualitas barang. Metode pembayaran yang biasanya disukai adalah Cash On Delivery (COD).
  1. Gap-tech
    Tipe konsumen ini tergolong memiliki pendapatan yang tinggi, tapi hanya suka berbelanja pada satu perangkat. Konsumen ini menyukai info tentang suatu produk sendiri daripada iklan. Gap-tech cenderung menyukai pembayaran yang dilakukan melalui transfer. Hampir 60% tipe konsumen ini menyukai diskon dan cenderung melihat barang dan merasakannya secara langsung.

Itu dia tipe-tipe konsumen berbelanja online. Termasuk yang manakah Anda?

Baca juga: Akses dari Ponsel Menjadi Pilihan Utama Konsumen E-Commerce Indonesia 

Written by
Like Comment
0 Comments