Bagaimana Cara Memaksimalkan Instagram untuk Mempromosikan Produk E-commerce?

Instagram kini sudah berubah menjadi media sosial yang dapat digunakan sebagai akun personal ataupun bisnis. Kini, Instagram bisa menjadi wadah untuk berbisnis meskipun fiturnya tidak selengkap Facebook, Twitter, dan Pinterest. Namun, para pengguna Instagram for business tidak hanya dapat mengunggah foto produk mereka, tapi juga bisa menggunakan media tersebut untuk membangun brand. Berikut ini ada beberapa tips bagi para pemilik e-commerce untuk memaksimallkan Instagram guna membangun citra brand.

Maksimalkan Foto Produk

2Bagi konsumen, melihat foto-foto produk di Instagram memberikan sensasi yang sama saat pergi ke mal. Saat Anda menambahkan produk baru, pastinya Anda tidak bisa memaksa konsumen untuk melihat langsung produk tersebut. Oleh karena itu, penting bagi Anda untuk menggiring mereka mengunjungi halaman produk baru.

Daripada menghabiskan waktu memotret gambar terbaik untuk profil Instagram brand, sebaiknya buatlah gambar produk yang jelas dan bisa digunakan di banyak platform.

Menunjukkan bahwa Audiens Memakai Produk Anda

Media sosial seperti Instagram sangat cocok digunakan untuk e-commerce karena dapat menjadi sarana untuk testimoni pelanggan yang puas membeli produk Anda. Dengan merepost ulang foto dari pengguna produk, Anda bisa meyakinkan audiens untuk membeli produk tersebut. Namun sayangnya, sejumlah foto sering kali membuat audiens kebingungan karena mereka tidak mengetahui produk apa yang berusaha untuk diperlihatkan pada foto tersebut.

Hal ini bukan berarti foto yang digunakan audiens tidak bagus atau efektif, hanya saja Anda harus membuat caption agar tetap relevan. Tunjukkan seperti apa produk saat digunakan dan apa kegunaannya pada pengguna Anda.

Membangun Kepribadian Brand

Jadikan brand Anda lebih bersahabat di mata konsumen. Salah satu caranya bisa dengan mengunggah foto suasana kantor agar audiens mengetahui apa yang Anda kerjakan. Perlakukan audiens selayaknya  seorang teman.

Membagi Kata-Kata Inspiratif

Siapa sih yang tidak suka dengan kata-kata inspiratif? Sebuah post yang inspiratif berpeluang mendapatkan repost dari audiens. Oleh karena itu, post jenis ini sangat cocok bagi Anda yang ingin melakukan branding di social media. Kata-kata inspirasional ini bisa berupa motivasi atau humor yang bisa Anda kutip dari pernyataan tokoh-tokoh inspiratif. Namun, pastikan untuk memilih kata-kata inspirasional yang relevan dengan brand.

Menggunakan Hashtag

3

Bagi Anda yang sudah lama terjun ke dunia media sosial, hashtag bukanlah hal yang baru. Hashtag adalah sebuah kata yang dituliskan setelah tanda pagar (#). Hashtag pertama kali populer di platform Twitter, tapi sekarang sudah berkembang menjadi link yang banyak dicari di media sosial. Dengan meng-klik link hashtag, para pengguna dapat melihat post yang menggunakan hashtag sama.

Itu dia 5 cara yang bisa Anda lakukan dalam memaksimalkan Instagram untuk membangun brand bisnis. Ingat, gunakan berbagai upaya dan eksperimen utuk mendapatkan perhatian dari audiens. Tidak hanya gambar, Anda juga bisa mengunggah video singkat di instagram agar postingan tampak lebih menarik.

 

 

Written by
Like Comment
0 Comments