Akses dari Ponsel Menjadi Pilihan Utama Konsumen E-Commerce Indonesia

Dalam laporan Google baru-baru ini menyebutkan tren e-commerce di Indonesia ternyata sebesar  43% -nya menggunakan smartphone. Jumlah ini tergolong besar, meski belum mampu menyaingi Singapura atau Korea Selatan yang memiliki jumlah sebesar 91%.

Google juga menyebutkan sebesar 92% konsumen Indonesia lebih memilih berbelanja melalui situs dan aplikasi. Sementara itu, 87% dari konsumen mengaku mereka akan berubah pikiran mengenai merek setelah membaca ulasan produk yang mereka peroleh pada ponsel mereka. Sedangkan 77% dari konsumen responden mengaku situs dan aplikasi menjadi media awal bagi mereka untuk memeriksa produk sebelum mengunjungi dan membelinya di toko fisik.

Oleh karena itu, para pemain e-commerce Indonesia perlu mengembangkan situs yang dimilikinya dengan baik, tidak hanya responsif tetapi juga dapat berjalan dengan baik dan memiliki navigasi yang mudah untuk tampilan versi mobile.

Selain itu, penelitian ini juga menyebut, dari sejumlah momen tertentu turut menentukan besaran transaksi pada situs e-commerce yang ada di Indonesia. Tidak hanya meningkatkan transaksi, momen khusus ini juga menghadirkan kategori, produk dan merek berbeda, sesuai dengan momen yang tengah dirayakan.

Menjelang Harbolnas mendatang 12 Desember 2016, Google menyarankan marketer dalam memanfaatkan tren, marketer perlu melakukan sejumlah hal, salah satunya dengan mempersiapkan kampanye belanja akhir tahun. Kampanye ini dapat memanfaatkan pencarian maupun iklan video agar dapat menjangkau target konsumen.

Para pemain e-commerce juga disarankan untuk memberikan tautan alamat situs dalam versi mobile pada iklan yang dimiliki. Hal ini bertujuan untuk memudahkan target konsumen mengakses situs saat menyaksikan iklan di perangkat mobile mereka. Selain itu, pastikan situs tetap beroperasi seperti biasa baik untuk desktop maupun mobile, meski musim liburan atau momen khusus telah berakhir. Sehingga tidak akan kehilangan konsumen yang berminat untuk membeli produk yang ditawarkan.

 

 

filed under: Uncategorized
Written by
Like Comment
0 Comments