9 Alasan Anda Membutuhkan Strategi Pemasaran Digital

Darimana Anda memulai jika berniat untuk mengembangkan strategi pemasaran digital? Nampaknya, masih banyak perusahaaan yang masih belum memiliki rencana.

Faktanya, strategi pemasaran digital sangat diperlukan oleh sebuah perusahaan dalam menjalankan bisnis. Mengapa demikian? Berikut 9 alasan kenapa Anda membutuhkan strategi pemasaran digital di tahun 2017.

  1. Tidak punya tujuan
    2
    Ternyata, masih banyak perusahaan yang tidak memiliki strategi pemasaran untuk mendapatkan pelanggan baru atau membangun hubungan yang lebih dalam dengan perusahaan yang sudah ada. Jika Anda termasuk ke dalam daftar tersebut, sulit untuk mencapai tujuan dan sasaran yang telah ditargetkan. 
  1. Pesaing yang ada dan start up akan mendapatkan pangsa pasar
    Jika tidak mengerahkan cukup sumber daya untuk pemasaran digital menggunakan pendekatan ad-loc tanpa strategi yang jelas, pesaing akan memanfaatkan strategi Anda.
  1. Anda tidak memiliki proposisi nilai online yang kuat
    Proposisi nilai pelanggan online yang didefinisikan dengan jelas akan membantu Anda membedakan layanan online yang mendorong pelanggan lama dan baru untuk terlibat dan tetap setia.
  1. Anda tidak mengenal pelanggan online dengan cukup baik
    Sering dikatakan bahwa digital adalah “media terukur yang pernah ada”. Namun, Google Analytics dan sejenisnya hanya akan memberi tahu Anda volume kunjungan, bukan sentimen pengunjung, seperti apa pendapat mereka. Untuk itulah, Anda perlu menggunakan alat umpan balik pengguna situs web lainnya untuk mengidentifikasi kelemahan dan mengetahui cara mengatasinya.
  1. Anda tidak terintegrasi
    Ini terlalu umum untuk aktivitas pemasaran digital yang harus diselesaikan, apakah itu pemasar digital spesialis, IT, atau agen digital terpisah. Semua orang setuju bahwa media digital bekerja paling baik bila terintegrasi dengan saluran media.
  1. Digital tidak memiliki cukup banyak orang atau anggaran penting
    3

    Sumber daya yang tidak mencukupi akan ditujukan untuk perencanaan dan pelaksanaan e-marketing dan kemungkinan tidak adanya keahlian pemasaran khusus yang akan menyulitkan untuk merespon ancaman persaingan secara efektif.
  1. Anda membuang-buang uang dan waktu melalui duplikasi
    Bahkan jika Anda memiliki sumber daya yang memadai, ini mungkin akan sia-sia. Hal inii terutama terjadi pada perusahaan besar di mana Anda melihat berbagai bagian dari organisasi pemasaran membeli alat atau menggunakan agen yang berbeda untuk melakukan tugas pemasaran online serupa.
  1. Anda tidak cukup gesit untuk mengejar ketertinggalan atau tetap di depan
    Jika Anda melihat merek online teratas, seperti Amazon, Dell, Google, Tesco, Zappos, semuanya dinamis – pendekatan baru untuk mendapatkan atau mempertahankan pelanggan mereka.
  1. Anda tidak mengoptimalkannya
    Setiap perusahaan dengan situs web akan memiliki analisis, tapi banyak manajer senior tidak memastikan bahwa tim mereka membuat atau memiliki waktu untuk meninjau dan bertindak. Saat sekali strategi memungkinkan untuk mendapatkan dasar-dasarnya dengan benar maka Anda dapat terus meningkatkan aspek-aspek kunci seperti pemasaran pencarian, pengalaman pengguna situs, pemasaran email dan media sosial.

Baca juga: Apa Itu Digital Marketing?

Jadi itulah 9 alasan kenapa Anda membutuhkan strategi pemasaran digital. Semoga artikel ini bermanfaat!

 

Written by
Like Comment
0 Comments