8 Cara Tingkatkan Loyalitas Pelanggan E-commerce pada Tahun 2017

Memiliki pelanggan yang tetap dan loyal dengan brand Anda tentu saja menyenangkan apalagi pendapatan Anda akan tetap berjalan dengan adanya pelanggan tetap. Dengan adanya banyak pelanggan yang loyal, Anda tidak harus lagi melakukan kampanye marketing yang terlalu banyak mengeluarkan uang tinggal hanya perlu meningkatkan pelayanan yang baik pada pelanggan. Pelanggan yang loyal dengan brand Anda adalah pelanggan yang sudah sangat mempercayai layanan dan produk dari brand Anda.

Pelanggan yang loyal akan membeli lebih banyak produk Anda dibandingkan ketika disaat mereka pertama kali membeli produk di tempat Anda. Maka dari itu, sebaiknya bisnis Anda fokus pada bagaimana cara meningkatkan loyalitas dari pelanggan. Ada beberapa taktik yang dilakukan pemilik bisnis untuk meningkatkan loyalitas pelanggan, berikut adalah beberapa saran yang dapat kami berikan:

1. Hanya Menjual Produk Berkualitas

Untuk tetap menjaga kepuasan pelanggan dan loyalitas pelanggan, penting bagi Anda untuk tetap menjaga kualitas dari produk Anda. Jangan sampai kualitas dari produk yang Anda tawarkan telah menurunkan ekspektasi mereka terhadap brand Anda. Jika pelanggan sudah merasa kecewa dengan produk yang Anda tawarkan, jangan berharap mereka akan tetap loyal dengan brand Anda. Jadi dapat dikatakan bahwa menjaga kualitas sangatlah penting apalagi jika kualitas produk Anda sudah dikenal oleh banyak orang.

2. Tawarkan Servis Pelanggan yang Memuaskan

Selain memiliki kualitas produk yang terjamin, faktor penunjang lainnya untuk meningkatkan loyalitas dari pelanggan adalah memberikan customer service yang memuaskan. Pelanggan akan berhenti berbelanja di tempat Anda jika mereka mendapatkan customer service yang tidak memuaskan. Berdasarkan hasil dari salah satu riset, diprekdisikan sekitar 8 dari 10 pelanggan tidak akan kembali berbelanja setelah mengalami pengalaman customer service yang kurang memuaskan di hati mereka.

Menawarkan customer service yang memuaskan tidaklah susah dan Anda tidak perlu mengeluarkan modal yang tinggi, Anda dapat melakukannya dengan beberapa cara berikut :

  • Berikan Kemudahan untuk Berkomunikasi

Anda dapat menawarkan fitur live chat untuk membantu komunikasi pelanggan dengan Anda. Cara alternatif lainnya adalah dengan menunjukkan alamat e-mail atau memberikan nomor telpon customer service.

  • Sediakan kolom FAQ

Buatlah kolom FAQ dan penjelasan untuk memudahkan pelanggan dalam menemukan jawaban dari permasalahan yang dialami. Hal ini memudahkan karena mereka tidak harus menghubungi Anda lagi dimana akan memakan waktu lebih lama.

  • Tawarkan Servis Pengembalian dan Penukaran Produk

Pelanggan akan merasa terpuaskan dengan servis pengembalian dan penukaran produk karena mereka dapat menukarkan barang atau mengembalikan barang yang mereka rasa tidak sesuai dengan ekspektasi mereka.

  • Berinteraksi Melalui Media Sosial

Anda juga harus berinteraksi dengan pelanggan melalui akun media sosial Anda dan menjawab pertanyaan mereka.

3. Berikan Harga Yang Wajar

Pelanggan akan membeli barang atau jasa yang Anda tawarkan jika mereka rasa harga yang diberikan masuk akal. Sebaliknya jika pelanggan merasa bahwa harga yang Anda tawarkan tidak masuk akal bagi mereka dan merasa di kompetitor lebih murah, kemungkinan besar mereka tidak akan kembali untuk berbelanja di tempat Anda.

4. Publish Konten Yang Berguna dan Menghibur

Konten Marketing adalah cara terbaik untuk meningkatkan loyalitas dari pelanggan karena mereka merasa bahwa konten pada website Anda sangat berguna untuk mereka ataupun menghibur. Isi dari konten yang menghibur dan memberikan edukasi kepada pelanggan akan membuat keterikatan dengan pelanggan. Para Ahli merasa bahwa konten marketing sangat berguna untuk menarik perhatian pelanggan dan dapat mempersuasi pelanggan agar kembali mengunjungi website.

5. Kembangkan Fitur Subscription

Di dalam bisnis e-commerce, fitur subscription telah berhasil membujuk pelanggan untuk melakukan pembelian kembali di masa depan dan menjadikan pelanggan loyal terhadap brand. Ada beberapa alasan mengapa pembeli melakukan subscribe ke brand Anda seperti

  • Mendapatkan Update Produk Baru

Pembeli ingin dikenalkan dengan produk yang paling terbaru dan terbaik diantara semua kategori produk.

6. Kirimkan E-mail Personalisasi

Banyak pelaku e-commerce berpikir bahwa taktik terbaik untuk marketing adalah mengirimkan e-mail personalisasi. Suatu kampanye marketing yang telah dipersonalisasi dan disegmentasi adalah cara yang paling efektif untuk menarik pelanggan dan membangun keterikatan dengan mereka. E-mail marketing yang Anda buat harus dibuat secara bermanfaat, informatif, menghibur agar pelanggan mau membuka email Anda.

7. Berikan Penghargaan Kepada Pelanggan

Semua orang pasti menyukai yang namanya hadiah dan hal tersebut tentu akan membuat orang merasa senang. Anda dapat membuat program loyalitas dalam bentuk memberikan reward atau hadiah kepada pelanggan Anda karena sudah membeli produk dari Anda. Pelanggan akan terpicu untuk kembali ke website Anda untuk mendapatkan lebih banyak hadiah. Bentuk hadiah yang Anda berikan dapat dalam bentuk barang ataupun voucher diskon.

Kesimpulan

Puaskanlah pelanggan Anda dan jagalah hubungan baik dengan pelanggan agar mereka loyal kepada Anda. Jika Anda sudah memiliki banyak pelanggan loyal berarti bisnis e-commerce Anda sudah berjalan dengan benar.

Written by
Like Comment
0 Comments