7 Langkah Meningkatkan Kepuasan Pelanggan Bisnis Online

Kepuasan pelanggan harus menjadi prioritas bagi para pelaku bisnis e-commerce. Biasanya, mendapatkan pelanggan  baru memerlukan biaya 6-7 kali lipat daripada mempertahankan yang ada. Namun, kurangnya keluhan pelanggan bukan berarti tanda bahwa mereka puas dengan layanan yang Anda berikan.

Mungkin Anda masih merasa bingung bagaimana cara meningkatkan kepuasan pelanggan dalam berbisnis online. Berikut ini ada beberapa langkah yang bisa Anda lakukan.

Berikan penghargaan pada konsumen setia

Memberikan penghargaan kepada pelanggan yang sangat loyal membeli produk Anda adalah salah satu langkah yang bisa dilakukan.

Memberikan bukti bukan janji

Berikan bukti bukan janji kepada pelanggan untuk memenuhi harapan pelanggan. Dengan memberikan tingkat layanan yang baik secara konsisten maka Anda bisa mengubah pembeli biasa menjadi pelanggan loyal.

Membuat kebijakan jelas

Anda perlu memastikan bahwa proses pembayaran jelas dan mudah digunakan. Setiap tombol call to action (CTA) harus mengarahkan pelanggan ke langkah yang selanjutnya untuk menyelesaikan pembelian. Selain itu, Anda juga perlu membuat kebijakan pengembalian yang jelas agar para pelanggan merasa nyaman melakukan pembelian di toko online.

Baca juga: Ini Dia Tips Layanan Pengembalian Produk pada E-Commerce

Memberikan respon yang cepat

tipe-fast-response

Setiap konsumen pasti menginginkan informasi dan pelayanan yang cpat. Kecepatan layanan bisa menjadi daya saing yang dapat meningkatkan atau menurunkan reputasi dari suatu situs e-commerce.

Menjawab pertanyaan konsumen, komplain, dan lain sebagainya secara cepat akan membuat pelanggan merasa terbantu. Jika diabaikan, konsumen akan menyuarakan ketidakpuasan mereka yang mempengaruhi reputasi dari situs e-commerce itu sendiri.

Mengantisipasi kebutuhan konsumen

Anda membutuhkan pemahaman mendalam dan terstruktur dari kebutuhan pelanggan. Sebelum konsumen berpikir mengenai apa yang mereka cari, Anda harus menyediakan apa yang mereka butuhkan.

Membuat kemasan produk menarik

Fashion

Kemasan produk bukan hanya sekedar penampilan produk. Namun, Anda perlu memperhatikan bagaimana tingkat pembelian serta value added yang ditawarkan tampak dari kemasan produk sehingga terlihat bernilai.

Memberikan informasi berkala

Anda bisa mempertimbangkan newsletter berkala yang dikirimkan kepada konsumen secara rutin. Newsletter tersebut tentunya memuat informasi penting yang dibutuhkan oleh konsumen.

Dalam pasar e-commerce, kepuasan konsumen menjadi kunci utama dalam perkembangan bisnis. Beberapa langkah di atas diharapkan dapat membantu Anda untuk meningkatkan kepuasan pelanggan saat berbelanja online.

Baca juga: Ulasan Pelanggan pada Situs Bisnis E-Commerce Mampu Raup Banyak Keuntungan 

8commerce, sebagai e-commerce enabler akan membantu Anda untuk mengurus segala kegiatan yang biasa dihadapi oleh situs belanja online. Dengan didukung oleh tim berpengalaman, 8commerce bisa menjadi solusi para pelaku bisnis e-commerce yang ingin mengembangkan usahanya.

 

Written by
Like Comment
0 Comments