7 Kunci Agar Toko Online Sukses

Menjalankan usaha toko online tidak dapat dilakukan dengan hanya niat iseng-iseng. Tahun-tahun belakangan ini bisnis toko online diprediksi akan terus berkembang sehingga membuat menjamurnya toko online dimana-mana. Toko online memang sangat membantu untuk perkembangan sebuah bisnis. Dengan tingkat persaingan yang tinggi Anda tidak dianjurkan salah langkah dalam strategi menjalankan bisnisnya. Ada beberapa kunci penting yang harus Anda tahu untuk membantu toko online Anda sukses.

Baca Juga : 5 Report Penting Google Analytics Untuk Meningkatkan Bisnis Online Anda

Menawarkan Variasi Produk

Tak ada gunanya jika membawa calon pembeli hanya diberikan satu pilihan produk saja. Mereka lebih tertarik dengan beberapa variasi produk. Bila mereka tidak menyukai satu produk, mereka akan memilih variasi produk lainnya. Jika dalam toko online Anda hanya memiliki satu pilihan saja, maka dapat dipastikan calon pembeli tersebut akan meninggalkan toko online Anda.

Membangun Website Dengan Nama URL Bisnis Anda

Apapun nama brand atau bisnis Anda, berikan url untuk website Anda dengan nama yang sama. Hal ini akan mempermudah calon pelanggan untuk menemukan website Anda. Selain itu dengan URL brand atau bisnis akan lebih memudahkan untuk branding.

Membuka Cabang di Marketplace

Sudah banyak marketplace yang dapat digunakan untuk menunjang toko online Anda. Tapi usahakan jangan sampai membuat marketplace sebagai toko online utama Anda. Kelebihan yang dapat diberikan marketplace adalah brand yang mereka sudah besar dan mampu mendatangkan traffic yang cukup besar pula. Tambahkan URL website ke dalam lapak Anda di marketplace untuk mendapatkan calon pembeli yang potensial.

Berikan nilai tambahan yang bisa didapatkan calon pembeli apabila mereka membelinya melalui website toko online Anda. Dengan begitu mereka siap menjadi pelanggan setia di toko online Anda.

Memiliki Nilai Tambah

Calon pembeli cenderung akan memilih pada toko online yang memberikan nilai lebih pada produk. Contohnya seperti diskon ekstra maupun gratis ongkos kirim. Cara-cara seperti ini tidak akan membuat rugi asalkan Anda menjalankan strateginya dengan tepat dan efektif. Sebaliknya jika tidak menerapkan metode ini, maka kemungkinan besar Anda akan tergusur oleh toko online lainnya. Tidak ada salahnya dengan profit yang hanya sedikit. Itu lebih baik daripada toko online Anda membuat calon pembeli kapok dan tidak akan mau kembali lagi.

Menjalankan Digital Marketing yang Efektif

strategi-digital-marketing

Awal mula Anda harus meningkatkan peringkat ranking website Anda sendiri. Jadilah yang teratas dalam mesin pencari. Dengan teknik SEO (Search Engine Optimization), Anda bisa secara gratis menaikkan ranking website. Jangan hanya membuat website toko online lalu Anda tidak berbuat apa-apa untuk mengoptimisasinya. Selain SEO masih banyak cara lainnya untuk meraih peringkat ranking yang lebih baik dalam mesin pencari seperti dengan cara iklan berbayar.

Anda tidak perlu takut rugi untuk memulainya. Selama itu mendatangkan penjualan untuk Anda kenapa tidak?

Pelayanan Terbaik

customer-service

Pelayanan merupakan faktor inti yang menentukan apakah seorang pembeli dapat menjadi seorang loyal customer atau justru menjadi kapok belanja di toko online Anda. Memang masih banyak calon pembeli yang masih awam dan sangat bawel untuk belanja online. Namun apabila Anda menanganinya dengan baik dan sabar, kemungkinan tersebut orang-orang tersebut dapat menjadi pelanggan yang setia di toko online Anda.

Baca Juga : Tips Packing Produk Berdasarkan Jenis Barang

Itulah tadi beberapa tips yang harus Anda jalankan agar toko online sukses. Jangan takut untuk mencoba dan yang paling penting jangan memikirkan untung rugi di awal. Selama Anda memberikan pelayanan terbaik bagi seluruh pengunjung toko online, niscaya mereka akan menjadi pelanggan setia untuk Anda dan dengan cara-cara seperti tadi tampaknya kata-kata ‘sukses’ sudah di depan mata. Selamat mencoba!

Video : Tips #3 “16 Cara Meningkatkan Penjualan Toko Online”

Written by
Like Comment
0 Comments