6 Tips Membangun Toko Online yang Sukses

Di tahun 2017 ini, bisnis online atau dunia digital diprediksi akan terus berkembang. E-commerce kini menjadi salah satu faktor yang menentukan sukses tidaknya perekonomian di masyarakat. Baik pembeli ataupun penjual, mereka kini gencar beaktivitas via online. Dan sebagai seorang pengusaha, ada baiknya kita juga tahu tentang trend yang sedang berkembang di masyarakat, seperti adanya toko online untuk membantu berkembangnya sebuah bisnis.

Kini peran toko online juga menjadi sangat penting. Ekonomi akan terus berkembang dengan semakin maraknya bisnis online. Dan untuk membangun toko online bagi bisnis kita, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan, diantaranya sebagai berikut:

Jangan terburu-buru meluncurkan website toko online

jangan terburu-buru membuat website

Sebenarnya menjalankan bisnis online dengan website itu bisa dilakukan kapan saja. Tapi ada baiknya Anda belajar lebih dalam tentang dunia bisnis atau toko online terlebih dahulu baru Anda meluncurkan website toko online Anda. Karena ketika kita belum sepenuhnya tahu tentang dunia bisnis atau toko online dan langsung meluncurkan website, maka itu hanya akan membuat Anda menjadi lebih pusing.

Rencana dan tujuan Anda harus benar-benar jelas. Cari tahu apa saja yang dibutuhkan oleh website toko online Anda agar bisa digunakan dengan baik oleh pelanggan. Jangan tergesa-gesa karena hanya ingin mengikuti tren.

Letakkan fokus Anda pada pengguna, bukan hanya pada pelanggan

Saat Anda mulai beralih ke bisnis online, maka orientasi Anda kini bukan hanya untuk pelanggan, tapi pengguna atau pengunjung website Anda. Kenapa? Karena saat Anda memiliki website toko online, maka pengguna atau pengunjung adalah calon pelanggan Anda. Ketika mereka tidak memberikan penilaian menarik dari website Anda, bisa jadi mereka tidak bisa menjadi pelanggan Anda.

Calon pelanggan potensial Anda itu datang dari mereka yang ingin membeli barang atau produk, bukan yang hanya membutuhkan barang Anda.

Gunakan media sosial untuk pelengkap

Selain menggunakan website untuk berjualan online, Anda juga bisa melengkapinya dengan media sosial. Ini akan jauh lebih mudah ketika Anda mendekati pelanggan dengan media yang dekat dengan mereka, seperti media sosial.

Nah, saat ini media sosial sangatlah dekat dengan masyarakat. Sering kita temui toko online atau akun bisnis yang menggunakan media sosial sebagai media promosi atau tempat untuk berjualan dan membeli barang secara online.

Cantumkan elemen media sosial kedalam website

Cantumkan icon atau link media sosial di dalam website Anda, karena ini akan berguna untuk memperkenalkan media sosial Anda kepada orang-orang atau calon pelanggan yang mengunjungi website Anda.

Gunakan fitur mobile

mobileSalah satu upaya kita untuk bisa diterima oleh pelanggan melalui website adalah dengan menyediakan kemudahan yang dekat dengan mereka. Salah satunya yaitu memudahkan mereka mengunjungi dan berbelanja di website kita melalui perangkat mobile. Seringkali pelanggan atau pengunjung website Anda enggan kembali dan berbelanja karena website Anda tidak didukung versi mobilenya.

Nah, kali ini Anda harus tahu apa yang dibutuhkan oleh pelanggan Anda. Tentunya mereka membutuhkan website yang responsif dan memiliki fitur yang lengkap, serta website yang mudah untuk diakses oleh pengunjungnya. Pastikan bahwa website Anda bisa diakses dan memiliki tampilan versi mobile sendiri.

SEO menjadi kunci kesuksesan website di Search Engine

Terapkan strategi SEO dalam mengembangkan website toko online Anda. Mulai dari SEO On page sampai SEO Off page. Anda bisa belajar dari mana saja, mulai dari buku, internet sampai mengikuti training. Disana Anda akan dibantu untuk mengembangkan website Anda melalui strategi SEO yang dibutuhkan.

Written by
Like Comment
0 Comments