5 Tips Agar Situs E-commerce Tetap Mampu Bersaing

Bisnis e-commerce di Indonesia semakin hari semakin memperlihatkan perkembangan luar biasa. Mulai dari individu sampai perusahaan berlomba-lomba untuk mendapatkan pelanggan. Usaha yang berat pun dilakukan untuk mewujudkan hal tersebut karena mereka tahu bahwa persaingan dalam bisnis online semakin sulit.

Jika tidak memiliki planning yang jelas dan terkonsep, impian untuk bertahan dalam bisnis online pun tidak akan terwujud. Ada beberapa hal mendasar yang perlu kita ketahui saat menjalankan bisnis online terutama bagi Anda yang memiliki situs e-commerce. Berikut ini ada beberapa tips sederhana agar situs e-commerce tetap mampu bersaing.

Menekan Biaya Pengiriman Seminimal Mungkin

Jika biaya kirim dalam bisnis online tidak diperhatikan maka akan menjadi masalah dalam bisnis. Terkadang, perbedaan yang tidak seberapa dalam biaya pengiriman ternyata bisa menjadi alasan pelanggan berpaling. Mengandalkan jasa ecommerce logistics bisa menjadi solusinya. Tentunya setiap pelanggan menginginkan penawaran terbaik. Jika memungkinkan, kalkulasi yang tepat akan membuat biaya pengiriman menjadi gratis yang akan menarik minat pelanggan. Terlebih lagi, saat ini sudah banyak e-commerce yang menawarkan free ongkir untuk pengiriman.

Baca Juga : 6 Tips Membangun Toko Online yang Sukses

Menentukan Unique Selling Point (USP)

Sebuah USP memiliki banyak keunggulan bagi suatu produk. Tidak hanya membantu menggambarkan suatu produk, USP juga memungkinkan Anda untuk menargetkan pelanggan secara efektif serta menarik lebih banyak pelanggan. Jika Anda merasa belum mengetahui USP Anda, jawab dua pertanyaan berikut ini:

– ) Apa yang membedakan produk Anda dengan pesaing?
– ) Mengapa pelanggan harus memilih toko Anda dibandingkan pesaing?

Jika mampu menjawab pertanyaan tersebut, mudah untuk menemukan USP produk yang Anda miliki.

 

Transparan dalam Bertransaksi

berita-transaksi-online-di-cirebon-rp700-juta-per-bulanPeraturan saat menjalankan toko belanja online adalah memuat rincian penting seperti kontak bisnis yang bisa dihubungi pelanggan. Selain rinci memberikan kontak, Anda juga harus menginformasikan secara akurat agar konsumen tidak merasa dibohongi. Sebab, banyak sekali kasus penipuan yang terjadi serta munculnya situs e-commerce yang tidak jelas. Untuk itulah, pastikan website e-commerce Anda jelas dalam menyampaikan informasi.

Pegang Teguh Prinsip Aman, Nyaman dan Terpercaya

toko-online-terpercaya

Dalam sistem pembayaran yang digunakan di situs e-commerce harus ada tiga unssur, yaitu aman, nyaman, serta terpercaya. Pelanggan cenderung melakukan pembelian saat melihat pilihan pembayaran yang bisa dipercaya. Menampilkan pilihan pembayaran bersama banner pembayaran aman dapat memperkuat informasi bahwa situs e-commerce Anda terpercaya. Solusinya, Anda bisa menawarkan berbagai metode pembayaran agar pelanggan dapat memilih sesuai dengan keinginan mereka.

Buat Proses Transaksi yang Sederhana

Apapun jenis e-commerce yang Anda kelola, penting untuk mengetahui bahwa semakin sederhana proses transaksi yang ditawarkan akan menjadi nilai plus tersendiri. Memang, meminta rincian info dari pelanggan dengan melakukan pendaftaran dapat memberikan banyak manfaat. Namun, perlu diingat bahwa banyak pelanggan yang menyukai proses yang mudah dan cepat.

Itu dia 5 tips sederhana agar situs e-commerce Anda bisa terus eksis. Jika Anda merasa masih bingung cara menjalankan bisnis e-commerce, 8commerce bisa menjadi solusi tepat. Bertindak sebagai ecommerce enabler, 8commerce menawarkan berbagai kemudahan bagi para pebisnis online untuk menjalankan usahanya agar tetap bersaing di ranah online.

 

Video :¬†Tips #3 “16 Cara Meningkatkan Penjualan Toko Online”

Written by
Like Comment
0 Comments