5 Cara Mempromosikan Toko Online Yang Baru Saja Berjalan

Toko online yang baru saja go-live tentu masih sepi dan belum memiliki pelanggan. Masih banyak orang yang belum mengetahui keberadaan toko online Anda. Jadi jika Anda menginginkan traffic website secara instan dan ada penjualan, Anda bisa memasarkan produk Anda dengan cara beriklan melalui media digital ataupun tradisional.

Ada banyak cara untuk menghasilkan traffic website, hasil penjualan, dan mendapatkan keuntungan di website Anda, salah satu caranya adalah dengan cara membuat konten marketing (organic), Tapi dengan cara seperti ini Anda butuh waktu yang cukup lama untuk bisa mendapatkan hasil. Namun jika Anda ingin mendapatkan hasil yang cepat, Anda butuh beriklan dan disini kami lebih membahas iklan secara digital. Berikut adalah berbagai macam metode promosi.

Iklan Pada Mesin Pencarian (SEM)

Ada berbagai macam metode pemasaran melalui mesin pencarian dan yang banyak digunakan adalah dengan Google Ads. Sistem dari metode SEM (Search Engine Marketing) adalah iklan akan dipasangkan dalam bentuk text pada halaman pertama mesin pencarian seperti Google, lalu jika Ada orang yang meng-klik link tersebut akan menuju halaman yang Anda sudah tentukan sebelumnya. Yang menarik adalah iklan ini bisa kita set sesuai dengan target  yang sudah kita atur agar sesuai dengan bisnis kita.

google-adwords-logo

Iklan Melalui Media Sosial

Beberapa media sosial saat ini menawarkan servis iklan berbayar. Iklan pada media sosial dapat membantu meningkatkan traffic dan penjualan pada toko online Anda.

Iklan Display Digital

Anda juga dapat memasang iklan digital pada website yang sudah memiliki traffic yang banyak atau bisa dibilang yang sudah populer dikalangan masyarakat, seperti kaskus,detik,modifikasi.com. Biasanya untuk iklan display digital, Anda diharuskan membayar sesuai dengan waktu berapa lama Anda ingin iklan itu dipasang. Bisa dalam hitungan per hari, per minggu, ataupun per bulan.

Iklan dalam Bentuk Format Video

Iklan dalam bentuk format video sudah menjadi salah satu metode pemasaran yang paling berkembang saat ini. Ada beberapa alasan mengapa Iklan dengan format video telah populer pada tahun 2017, antara lain sebagai berikut:

  • Pertama, sudah banyak software pembuatan video. Software pembuatan video sudah banyak saat ini dan banyak juga SDM yang ahli dalam pembuatan video sehingga pembuatan video bisa lebih cepat dan mudah.
  • Kedua, Iklan video masih sedikit. Walaupun sudah banyak bisnis e-commerce yang menggunakan iklan video tetapi persaingan menggunakan iklan video tidak terlalu kompetitif dibandingkan dengan jenis iklan digital lainnya, maka dari itu iklan video cendrung tidak terlalu mahal untuk dilakukan.
  • Ketiga, banyak orang lebih menyukai dalam bentuk video. Ada sebuah riset mengatakan bahwa penonton video Youtube kebanyakan adalah diantara umur 18 sampai dengan 49 tahun dan mereka lebih banyak menonton Youtube dibandingkan dengan program Televisi.

Menggunakan Metode Iklan Tradisional

Iklan tradisional saat ini sudah semakin meredup, tapi tidak akan mati. Lalu ketika Anda mendengar metode iklan tradisional pasti Anda akan langsung tertuju pada metode pemasaran seperti iklan cetak, baliho, radio dan televisi. Bagaimanapun juga metode iklan tradisional masih bisa Anda gunakan, tinggal bagaimana Anda mengatur strategi yang tepat, jangan sampai Anda “bakar uang”.

Kesimpulan

Dapat disimpulkan bahwa memasang iklan merupakan cara yang paling efektif untuk menghasilkan traffic  dan mendapatkan penjualan untuk toko online Anda secara cepat. Tidak ada salahnya Anda mengeluarkan duit untuk melakukan pemasaran dan mempromosikan produk Anda agar orang-orang tau keberadaan toko Anda. Jika Anda ingin beriklan dan membutuhkan bantuan digital marketing, Anda dapat mencari dari perusahaan yang sudah berpengalaman seperti 8commerce

 

Written by
Like Comment
0 Comments