3 Strategi Digital Marketing yang dapat Membantu Bisnis Anda Berkembang

Digital Marketing atau pemasaran lewat media digital menjadi hal yang penting dalam dunia sekarang ini. Jika kompetitor dan calon pelanggan Anda lebih banyak berada di online, strategi pemasaran digital akan menjadi satu-satunya cara agar bisnis Andaberjalan dengan lancer dan tetap menghasilkan profit.

Sebelum akhirnya mantap berbisnis online, ada baiknya Anda mengetahui 3 strategi pemasaran digital yang tepat. Berikut ulasannya:  

1. Menetapkan Tujuan

Tetapkan tujuan Anda. Apapun itu, jika Anda mantap menetapkan tujuan bisnis Anda, maka peluang bisnis Anda menjadi sukses akan menjadi lebih besar. Pemasaran Digital adalah cara yang paling bagus untuk bisnis Anda menjadi makmur, tetapi masuk ke proses yang tanpa arah dan tujuan dapat membuat Anda tertinggal dari kompetitor Anda.

Di 8Commerce, sebagai salah satu best digital agency berbasis di Jakarta, setiap project digital marketing selalu berujung dengan pencapaian tujuan, yang sering disebut KPI (Key Performance Indicator).

2. Strategi Pemasaran Efektif

Bisnis yang paling sukses yaitu bisnis yang memiliki strategi pemasaran yang efektif. Saluran pemasaran adalah ketika Anda menggambarkan ‘your customer journey’ yang awalnya dari seorang  pengunjung akhirnya menjadi pelanggan. Ada 4 kanal yang akan mengantar calon pelanggan Anda menjadi pelanggan yang biasa disebut AIDA, antara lain sebagai berikut:

Awareness:

Potential Customer itu sadar akan adanya produk atau jasa Anda. Memang mereka masih orang asing, tetapi mereka mengunjungi website Anda itu karena suatu alasan. Mereka sedang mencari sesuatu yang mereka butuhkan. Pada tahap ini Anda ingin menarik pelanggan dengan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda memiliki sesuatu yang mereka cari.

Menggunakan ajakan untuk bertindak, dimana tujuannya untuk memberikan value kepada pelanggan berkaitan dengan produk atau jasa Anda (yaitu: apa yang mereka butuhkan), untuk mengetahui informasi lebih lanjut tentang mereka, Anda harus menanyakan data pribadi mereka seperti alamat email, nomor telepon, profesi dan kebutuhan mereka saat ini.  Mencari tahu siapa mereka dan alasan mengapa mereka mengunjungi situs web Anda.

Baca Juga : Cara Meningkatkan Performa Toko Online Anda di Tahun 2017

Interest:

Mereka aktif menyatakan minat dalam jenis tertentu dari produk atau jasa Anda. Pada titik ini, Anda telah memberi mereka beberapa informasi dan mereka tertarik pada apa yang harus Anda katakan atau layanan yang Anda berikan. Anda telah menggunakan CTA di tahap satu untuk mengumpulkan informasi lebih lanjut tentang mereka.

Pada tahap ini adalah ide yang bagus untuk menarik mereka dengan informasi yang lebih disesuaikan dengan kebutuhan spesifik mereka. Menunjukkan kepada mereka bahwa Anda tidak hanya mengambil waktu untuk mengenal mereka tetapi juga memiliki sesuatu yang khusus untuk memenuhi kebutuhan mereka dan menunjukkan bahwa Anda memperhatikan dan peduli tentang kebutuhan dan keinginan pelanggan Anda.

Desire:

Mereka telah berminat terhadap produk atau jasa Anda. Sekarang Anda telah diberikan informasi khusus tentang apa yang mereka cari atau apa yang yang menjadi keinginan dan kebutuhan mereka. Mereka telah menemukan produk atau jasa yang Anda tawarkan sebelumnya, yang mungkin akan cocok bagi mereka.

Menjadwalkan atau mengundang mereka untuk berkonsultasi menggunakan email atau ajakan untuk bertindak (action). Pada tahap ini, Anda ingin memberitahu mereka lebih banyak tentang produk atau services yang menarik. Tunjukkan kepada mereka mengapa mereka membutuhkannya dan apa manfaat yang akan mereka terima nantinya.

Action:

Mengambil langkah berikutnya menuju pembelian akhir. Ini adalah ketika Anda mampu mengubah potential customer Anda. Anda telah memberi mereka informasi berharga, menunjukkan kepada mereka bahwa Anda memperhatikan mereka, dan menunjukkan kepada mereka bahwa Anda memiliki sesuatu yang mereka butuhkan yang akan menguntungkan mereka.

Sisanya tinggal membahas hal-hal seperti harga, pembayaran dan aspek-aspek lain dari produk atau layanan yang relevan.

Memiliki saluran pemasaran yang efektif tidak hanya mendapatkan lebih banyak lead, itu juga dapat membantu Anda mengubah dan mengarah ke customer retention atau pembelian berulang. Jika pelanggan memiliki pengalaman yang baik terhadap produk atau jasa yang Anda tawarkan, mereka mungkin akan kembali untuk membeli atau bahkan akan memberitahukannya kepada orang lain.

Baca Juga : Dalami Digital Marketing Lebih Jauh

Strategi Pemasaran yang Efektif

3. Driving Traffic

Cara pertama dalam driving traffic adalah Anda harus punya lalu lintas di situs web Anda. Ada berbagai cara untuk dapat mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda. Simak yuk!

Quality Content: menggunakan konten seperti posting, siaran pers, blog dan artikel situs otoritas. Masukkan link ke berbagai tempat di situs web Anda (internal link) agar dapat mengarahkan lalu lintas ke situs web Anda.

Keyword Strategy: Memasukkan kata kunci/keyword ke dalam konten akan membantu konten Anda dan situs web Anda muncul dalam hasil pencarian yang lain, hal ini menyebabkan kenaikan volume lalu lintas website Anda.

Website Optimization: Penting untuk Anda memastikan bahwa situs web Anda optimal dan berfungsi. Orang tidak ingin untuk mengunjungi situs web yang tidak berfungsi sebagaimana mestinya.

Social Media: Penggunaan sosial media tujuannya untuk menarik posting serta untuk menarik lebih banyak lalu lintas ke situs web Anda. Menggunakan gambar, video dan media lainnya yang relevan akan membantu posting Anda mendapatkan banyak lalu lintas.

Video : 8Commerce Tips #3 “16 Cara Meningkatkan Penjualan Toko Online”

https://www.youtube.com/watch?v=cNd4s_ULD4A

Written by
Like Comment
0 Comments