3 Cara Mempersuasi Pelanggan Via E-mail Marketing

Metode e-mail marketing bisa menjadi salah satu cara pemasaran yang efektif untuk meningkatkan profit bisnis Anda. Dengan menggunakan struktur email marketing yang benar pelanggan akan tertarik untuk membuka email Anda, lalu melakukan pembelian.

Saat ini kebanyakan orang sudah membuka e-mail melalui smartphone, yang tentunya kita sebagai pemilik bisnis e-commerce tertantang untuk membuat strategi baru agar pelanggan tetap tertarik untuk membuka dan membeli produk melalui e-mail yang kita kirimkan.

Pada artikel ini kami akan membahas beberapa tips keren yang dapat membantu Anda agar pelanggan tetap tertarik untuk membuka e-mail melalui smartphone maupun desktop. Berikut tipsnya :

1. Gunakan Video

Video bisa menjadi salah satu konten yang bisa menarik pelanggan. Apalagi pada tahun 2017 ini, akan lebih banyak pemilik bisnis yang akan memanfaatkan video sebagai salah satu strategi pemasaran. Manfaat penggunaan konten video yang menarik:

  • Meningkatkan traffic ke website Anda.
  • Bisa menjadi viral yang tentunya meningkatkan brand awareness.
  • Meningkatkan kepercayaan pada brand.
  • Sebagai salah satu cara terbaik untuk menjelaskan sebuah produk atau jasa pada bisnis Anda dibandingkan hanya menggunakan teks.

Nah tapi penggunaanya untuk e-mail, Anda tidak bisa begitu saja memasang video pada bagian tubuh paragraf e-mail karena memori dari video terlalu berat untuk diunggah pada e-mail. Lebih baik Anda menggunakan thumbnail dari video Anda dan mengeditnya dengan menambahkan bentuk tombol play pada gambar. Disaat penerima e-mail meng-klik thumbnail tersebut, mereka akan diarahkan  menuju halaman dimana video tersebut diunggah.

2.  Bikin Penasaran Pelanggan Anda

Bikin Penasaran Pelanggan AndaRasa penasaran merupakan sifat alami pribadi manusia dan tentunya  semua pelanggan Anda memiliki rasa penasaran. Saat ini tidak mudah untuk membuat pelanggan mau membuka e-mail yang Anda kirimkan. Salah satu caranya bisa dengan menggunakan kata-kata ajakan yang benar-benar bisa membuat orang tertarik.

Strategi ini memang dianggap terlalu lebay dan hiperbola. Tapi toh strategi ini banyak digunakan agar orang tertarik untuk mau membuka artikel atau e-mail yang kita buat. Seperti misalnya “Gila bro! HP keren ini cuma Rp 100.000”. Siapa yang tidak tertarik dengan judul iklan seperti itu?

Hal ini sudah banyak sekali dipraktekkan saat ini oleh banyak pelaku e-commerce yang terbukti bisa meningkatkan traffic pengunjung ke website mereka. Jadi pintarlah dalam membuat judul email.

3.  Ganti Rutinitas Konten E-mail Anda

Ganti Rutinitas Konten Email Anda

Memang isi dari konten dan pesan e-mail yang sama terus menerus akan memudahkan Anda dan menghemat waktu Anda dalam menjalankan e-mail marketing. Namun hal itu bisa berdampak kurang baik pada konversi e-mail marketing  Anda karena jumlah klik pada e-mail Anda dapat berkurang drastis. Hal ini disebabkan karena penerima e-mail akan merasa cepat bosan dengan konten e-mail yang sama terus menerus.

Untuk tetap menarik pelanggan dan meningkatkan jumlah klik pada e-mail Anda, Anda harus membuat berbagai variasi konten e-mail. Jangan hanya saja menggunakan konten yang menawarkan produk dan diskon tetapi gunakanlah konten yang menarik lainnya untuk berkomunikasi dengan pelanggan Anda. Contoh konten yang menarik lainnya adalah seperti :

  • Informasi mengenai pengeluaran produk terbaru.
  • Daftar list peringkat produk terbaik.
  • Rekomendasi produk berdasarkan pembelian sebelumnya
  • Tips dan Trik
  • Tutorial

Masih banyak lagi kreasi konten yang dapat membantu Anda meningkatkan jumlah klik pada e-mail. Tetapi Anda harus membuat konten yang bermanfaat, berkualitas, dan menghibur bagi pelanggan agar mereka merasa puas dengan e-mail yang Anda berikan. Konten yang berkualitas dapat membuat keterikatan dengan pelanggan dan pelanggan Anda bisa saja menyarankan brand Anda kepada teman-temannya atau kerabat lainnya.

Kesimpulan

Saat ini pelanggan akan semakin susah untuk mau meng-klik e-email Anda, jadi Anda harus lebih pintar dalam mengatur strategi dalam pembuatan e-mail. Anda harus pintar-pintar dalam  memanfaatkan konten yang Anda buat  agar menjadi konten yang berkualitas dan menarik bagi pelanggan agar mereka mau melakukan klik pada e-mail Anda.

Untuk meningkatkan jumlah klik Anda dapat menggunakan cara seperti :

  • Menggunakan konten video
  • Menggunakan kata-kata penggoda
  • Memvariasikan konten dari E-mail

Jika Anda merasa belum berpengalaman dalam melakukan e-mail marketing, Anda dapat meminta bantuan perusahaan yang telah berpengalaman dengan digital marketing seperti 8commerce. Anda dapat mengunjungi website http://digitalmarketing.8commerce.com

Video : 6 Aturan Wajib Menulis Artikel Yang Hits untuk Website

Baca Juga : Cara Meningkatkan Performa Toko Online Anda di Tahun 2017

Written by
Like Comment
0 Comments